Model Regresi Logit dengan SPSS


Pada tulisan sebelumnya (Mudah Memahami Regresi Logit), kita sudah membahas mengenai model regresi logit dengan menggunakan Program Minitab. Tulisan kali ini, akan melihat penggunaan program SPSS dalam mengolah model regresi logit. Penjelasan ringkas mengenai model regresi logit tidak akan diulang disini. Jadi diharapkan Sdr. terlebih dahulu membaca tulisan sebelumnya yang membahas mengenai regresi logit dengan Minitab.  Saudara juga perlu membaca tulisan tersebut untuk mendapatkanpenjelasan data dan variabel pada latihan kali ini.

Tahap-tahap dalam SPSS sebagai berikut:

1. Buka program SPSS, copy data tersebut kemudian klik Analyze > Regression. Maka akan muncul tampilan berikut:

spss1

2. Klik Binary Logistic (karena contoh latihan kita adalah untuk binary logistic), selanjutnya akan muncul tampilan berikut:

spss2

3. Masukkan Y sebagai variable dependent dengan cara klik Y di kotak kiri, kemudian klik tanda panah disamping kotak Dependent.

4. Masukkan X2, X3 dan X4 kedalam kotak Covariates, dengan cara klik masing-masing variable, kemudian klik tanda panah disamping kotak covariates.

5. Selanjutnya, karena variabel X4 merupakan peubah kategori (ordinal) dengan lebih dari dua kategori (yaitu 0=pendapatan rendah, 1=pendapatan sedang dan 2=pendapatan tinggi) maka diubah terlebih dahulu ke dalam 2 variabel dummy, untuk mengembangkan model yang logis dan mudah diinterpretasi, sebagai berikut:

X4_1 = 1, jika konsumen berpendapatan sedang, 0 = jika selainnya

X4_2 = 1, jika konsumen berpendapatan tinggi,  0=  jika selainnya

Dalam program SPSS untuk mengkonversi ini dengan cara klik Categorical dari tampilan diatas, maka akan muncul tampilan berikut:

spss3

Selanjutnya, klik X4, klik tanda panah disamping Categorical Covariates. Pilih Reference Category dengan First, kemudian klik Change dan Continue. Akan muncul tampilan berikut:

spss4

5. Selanjutnya klik OK, dan akan keluar output SPSS untuk regresi logit sebagai berikut (disini hanya ditampilkan bagian-bagian terpenting saja yang akan dibahas):

spss5

Ok, silakan bandingkan output SPSS dengan output Minitab dari tulisan sebelumnya. Penulisan persamaan, interpretasi dan pengujian hipotesis tetap dilakukan dengan cara yang sama

7 Tanggapan

  1. yang probit dunk…

  2. bapak mau nanya
    logit(1-X)=1/2 ln([1-X]/X)
    itu gimana ya pak???? maaf pak saya aga linglung kalo liat yg kaya begini….
    mohon bimbingannya bapak….

  3. salam kenal..
    seneng liat ada tanya jwb terbuka ttg statistik-ekonometrik gini,, :)
    saya skrg sdg dlm tahan garap skripsi ttg probabilitas dan saya pake’ Logit (software Eviews),,
    nah yang saya baca dari beberapa sumber d internet, logit itu ga’ pake uji asumsi klasik karena logit bukan regresi linear? bener apa enggak?
    tapi saya konsul ke dosen saya dan beliau bilang bahwa regresi itu termasuk linear, karena Ln(Pi/(1-Pi)) = Zi, dan Zi lah yang diregres terhadap variabel independenya.
    sebenernya yg bener yg mana y pak?
    sejauh ini saya kekeh d pendapat saya untuk ga pake asumsi klasik coz pada saat pengolahan d eviews, saya ga pake “LEAST SQUARE” tapi pake “BINARY LOGIT” (dr buku eviews). kesulitan saya adalah saya belum menemukan alasan kenapa binary logit itu ngga’ perlu asumsi klasik ya??

    hehe,, makasih pak,, maav pak kalau pertanyaannya kekanak2an.. :D

    Dosen anda benar pada satu sisi, tetapi anda juga benar pada sisi lainnya. Ada tanya jawab menarik mengenai itu, yang bisa digunakan untuk membenarkan kedua pendapat ini. Silakan klik disini

  4. bapak yang terhormat, saya sedang mengerjakan skripsi dan memakai regresi logit untuk analisa datanya. logit dipakai utk jwbn biner (1/0) bagi variabel terikatnya. yang mau saya tanyakan apakah bisa dilakukan dengan menggunakan varibel bebas pake skala (ordinal) sedangkan varibel terikatnya biner

    Sebaiknya, skala ordinal pada variabel bebas tersebut dijadikan dummy (kalau variabel yang pakai skala ordinal tidak terlalu banyak. Tapi kalau seluruhnya, coba pertimbangkan menggunakan statistik non-parametrik

  5. ass.. pak saya mau tanya… apakah variabel dependen dikasi dummy karena data nominal yaitu 1 dan 0 dimana 1 untuk jawaban positif dan 0 untuk jawaban negatif,,, selanjutnya apakah bisa variabel dependen y dummy diuji dengan analisis jalur …. terima kasih pak

  6. pak, saya mo nanya…kebetulan saya sdg meneyelesaikan skripsi dgn mennggunakan regresi logit, yang ingin saya tanyakan :
    1. Benarkah regresi logit tidak memerlukan uji asumsi klasik (uji normalitas)? kenapa?
    2. apa maksud dari tanda negatif/positif pada nilai B dlm tabel variables in the equation?
    makasih pak, atas jwbnnya…jwbn dari bapak sangat berarti buat saya…

  7. kalo dengan minitab gmn?

    Sudah ada kok. Silakan lihat tulisan saya yang terkait

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 300 pengikut lainnya.

