Handphone dan Komunikasi dengan Tuhan


Subuh tadi, ketika sedang shalat berjamaah, handphone (HP) jamaah di sebelah saya berbunyi. Mungkin lupa dimatikan, atau sengaja tidak ingin dimatikan (karena saya tahu persis sebelum mulai shalat dia sempat mengutak-atik HP nya), tetapi yang pasti hal tersebut cukup mengganggu kekhusukan  shalat.

Selesai shalat, si jamaah tadi langsung mengambil HP dari saku celananya dan kemudian sibuk memencet-mencet tuts HP nya membalas SMS yang masuk tadi, sementara jamaah yang lain berzidkir dan berdo’a.

Saya jadi bertanya: apakah begitu tingginya prioritas berkomunikasi dengan sesama manusia sehingga lebih mendahulukannya dibandingkan komunikasi dengan Tuhan? Kita juga sering melihat hal yang sama. Ketika pembacaan doa dalam suatu acara, dan HP berbunyi, sipemilik HP kemudian mengangkat HP nya menjawab panggilan tanpa menunggu selesainya do’a. Bahkan, kita juga sering melihat dalam kegiatan pembacaan Surah Yasin bersama (yang menjadi tradisi sebagian masyarakat kita), ketika HP berbunyi, si pemilik HP langsung menjawab panggilan tersebut dan menghentikan pembacaan Surah Yasinnya.  

Dimana sebenarnya posisi Tuhan dalam pandangan kita ? Apakah setingkat bawahan, sehingga bisa diabaikan ketika ada panggilan dari atasan/orang lain yang sederajat dengan kita ?

Mudah-mudahan ini juga menjadi pertanyaan yang sama bagi kita semua pemilik HP dan kita semua yang dimiliki Tuhan.

3 Tanggapan

  1. benar-benar jadi renungan saya pak…
    boleh saya publish di facebook?
    agar bisa jadi renungan untuk yang lain juga….
    terima kasih sebelumnya…

    Silakan di publish Mbak Tiwi. Saya senang-senang saja. Ini memang saya tulis untuk mengingatkan diri saya sendiri. Mudah-mudahan juga bisa mengingatkan orang lain

  2. ………

  3. iya harus intropeksi diri

    karena virus HP sangat cepat menyebar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: