Menentukan Ukuran Sampel dengan EasySample


Penelitian-penelitian yang dilakukan umumnya didasarkan pada data sampel bukan data populasi. Sebagian (kecil) dari populasi dipilih sebagai sampel dan kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan mengenai keadaan seluruh populasi. Misalnya, kita ingin melakukan penelitian mengenai kondisi sosial-ekonomi petani di Desa Talang Jala. Jumlah petani di desa tersebut (sebagai populasi) misalnya 300 orang. Dengan keterbatasan waktu, biaya dan tenaga, tentunya tidak mungkin kita akan meneliti seluruh petani. Karenanya, kita hanya ambil sampel, katakanlah 50 petani.

Hasil penelitian dan analisis kita terhadap 50 petani sampel tadi, bukan untuk menggambarkan keadaan sosial-ekonomi mereka saja, tetapi adalah untuk menggambarkan keadaan sosial-ekonomi dari 300 petani (populasi). Lalu, bagaimana kita yakin bahwa gambaran dari 50 petani bisa mewakili keadaan 300 petani ? Jawabnya adalah: perlu teknik yang tepat dalam pengambilan sampel, dalam mengambil data dari sampel, dalam menentukan banyaknya (ukuran) sampel dan dalam analisis serta penaksiran data.

Dalam konteks menentukan berapa banyak sampel yang harus diambil, ada software yang cukup sederhana dan praktis dalam perhitungannya, yaitu Program EasySample. Selain bisa menentukan ukuran sampel, program ini juga bisa menghitung confidence level (tingkat kepercayaan) dari sampel acak kita dan menghitung probabilita menemukan error dari sampel. Ada juga fasilitas statistik sederhana seperti menghitung jumlah,rata-rata, standar deviasi, dan fasilitas untuk mendapatkan angka random yang berguna untuk memilih sampel.

Di bawah ini saya contohkan cara kerjanya.

Tampilan awal program EasySample adalah seperti berikut:

Ada 9 pilihan yang bisa diambil. Untuk latihan, misalnya kita ambil pilihan pertama untuk menentukan ukuran sampel. Ketika pilihan pertama diklik, akan muncul tampilan berikut:

Pada pilihan ini kita diminta untuk memasukkan data mengenai jumlah populasi, tingkat kesalahan yang diharapkan, range dari tingkat ketelitian/ketepatan serta tingkat kepercayaan yang diinginkan. Katakanlah populasi kita 300 orang, tingkat kesalahan yang diharapkan 5 %, range tingkat ketelitian 10% dan tingkat kepercayaan 99,9 persen. Setelah memasukkan angka-angka tersebut klik Calc.Sample Size, maka akan didapatkan jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 44 orang, seperti tampilan berikut:

 

Anda tertarik dengan program ini ? Silakan download disini. Gratis kok dan ukuran filenya juga hanya 700KB.

 

 

48 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum pak Junaidi…. Saya sdng penelitian, saya sngt tertarik dngn software diatas, namun stlh saya coba untk mendownloadnya saya tdk berhasil sampai skrng. saya mohon dngn sgla hormat, kiranya bapak dapt mengirim sofware trsbt ke email saya: riyadiprince@gmail.com. sebelumnya saya terimakasih. Wasssalam.

  2. salam kenal pak , kok programnya ngak bisa terinstal , mohon bantuannya ,kalau bisa kirim ke email saya (valeriaerna@yahoo.co.id). terima Kasih

  3. saya ingin mendownload program easy sample tapi sudah tidak bisa lagi di download. ada ngga yang bisa mengirimkan programx ke emelku. chellypartang@gmail.com makasih sebelumx

  4. pak, sya sdg mlakukan pnelitian..trus sama penguji saya, rumus sample size saya suruh pake yg dg standar deviasi (jgn pake proporsi karena data saya ordinal). rumus yg pake standar deviasi itu yg bagaimana ya pak? terus mencari sd-nya gmn pak?terimakasih

  5. Assalamu’alaikum pak Junaidi…. Saya sdng penelitian di BAZDA kab. Bungo, saya sngt tertarik dngn software diatas, namun stlh saya coba untk mendownloadnya saya tdk berhasil sampai skrng. saya mohon dngn sgla hormat, kiranya bapak dapt mengirim sofware trsbt ke email saya: mdzakiismail@gmail.com. sebelumnya saya ucapkan ribuan terimakasih. Wasssalam.

  6. Assalamualikum.
    pa saya mau tanya untuk program yang bapak share secara teoritik rumus yang digunakan apa dan teknik yang digunakan apa.
    terima kasih pa.

  7. Assalamualaikum,
    Pa saya sangat tertarik dengan software yang bapak berikan, ,namun saya kesulitan dalam mendownload, ,
    saya minta tolong ke bapak untuk mengirim filenya ke email saya.
    mohon bantuannya pa.
    terima kasih sebelumnya.

  8. pak saya juga tidak bisa download kenapa ya…?

  9. terima kasih sangat membantu….

  10. Mohon bantuannya pak, saya juga kesulitan dalam men download, boleh tolong kirimkan ke email saya johnnykurniawan@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

  11. Bapaakk… mohon bantuannyaa..
    sayaa sdng mau pnelitian.. tapii saya bingun gmna nentui confidence interval yg akan dipakai.. teruuss juga gmana nentui presisi yang biasa dnotasikan dgn “d” pada rumus sampling..
    mohooonn sekalii bantuaanyaa paakkk..

  12. MOHON SEKALI BANTUANNYA…
    Penentuan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini digunakan rumus error (E), menggunakan tingkat kepercayaan 90% dan ketelitian 10%, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    E = 1.64 (P(1-P)/N diakarkan)
    E = 0,1
    besarnya proporsi sample (P) selalu diantara 0 dan 1 sampai dengan P maksimal, maka F (P) = P – P2
    df(P)/d(P) = 1 – 2P
    0 = 1 – 2P
    P = 0,5

    Sampel adalah sebagian dari populasi yang memiliki peluang yang sama untuk dipilih. Sampel yang baik adalah sampel yang representatif, artinya jumlah sampel yang ditentukan harus dapat mewakili populasi yang ada. Dengan menggunakan tingkat kepercayaan 90% dan tingkat ketelitian 10% dapat ditetapkan jumlah sampel kuisioner sebanyak:

    N = (Za/2)* P(1-P)/E*
    N = (1,64)*0,5(1-0,5)/0,1*
    N = 70 responden

    ini adalah referensi yang digunakan untuk mengambil sampel jumlah perokok d jogja.
    pertanyaan saya adalah:
    1. bagaimana jumlah sampel tersebut bisa dikatakan mewakili dari jumlah populasi?
    2. ini rumus referensinya darimana ya?
    3. mohon penjelasan akan rumus diatas?

    Terimakasih Banyak pak….

  13. Askum…
    Pak tadi sya sudah mencoba download softwarenya, tapi tidak bisa pak…mohon dengan sangat bantuannya bapak, untuk bisa mengirimkan email di email saya ya pak, ini alamatnya tyas_bakpao@ymail.com . Saya sangat butuh bantuannya pak berkenaan dengan laporan PKL saya. trimakasih pak, sangat butuh pak……

  14. Pak junaidi, Saya mahasiswa S1 yang sedang melaksanakan penelitian Tugas Akhir. Saya ingin menyebarkan kuesioner terkait kesiapan Dinas Pendidikan sebuah Kota dalam Manajemen Sumber Daya Informasi.

    Saya harus melakukan survei kepada pegawai dinas pendidikan dan guru serta pegawai TU sekolah.

    jumlah pegawai dinas adalah 36 orang.
    jumlah guru adalah 572 orang.
    pegawai TU adalah 37 orang.

    Namun, pertanyaan kuesioner untuk pegawai dinas berbeda dengan guru dan pegawai tu sekolah. bagaimana saya menarik jumlah sampel yang baik untuk kondisi demikian Pak?

    dan apakah Bapak bisa mengirimkan software easysample tersebut ke email saya? email saya “adityo.indra89@gmail.com”.

    terima kasih banyak Pak.

  15. Assalamualaikum pak Junaidi. Salam kenal, saya terkesan dengan penjelasan pak Junaidi mengenai penentuan jumlah sampel. Saya tertarik menggunakan software ini untuk membantu pengerjaan tesis saya. Saya sudah coba untuk mendownload pada link yang pak Junaidi berikan, namun link tersebut tidak bekerja. Saya mohon kesediaan pak Junaidi untuk mengirimkan software tersebut ke email saya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih..

  16. maaf pak,, saya sudah coba mendownload filenya tp sudah hilang linknya sepertinya,, mohon bantuannya untuk mengririmkan ke email saya,, terima kasih banyak pak…

  17. assalammualaikum pak, maaf merepotkan bisa dikirimkan file easy sample nya?terima kasih banyak

  18. Maaf sebelumnya untuk Bapak Junaidi, sya ingin share saja untuk yang kesulitan dengan easysample mungkin bisa mencoba alternatif software sample size 2.0 yang kompatibel dengan windows 7,
    silahkan buka link https://docs.google.com/leaf?id=0B_gJE18mOP67NWY0NzRjZmYtNjY3Yi00MzU2LThiNGQtMzE0ZjliMWZkZDEw&hl=en&authkey=CPC-u5kG
    Terimakasih semoga bisa membantu

    Terimakasih Sdr. Sandhie. Semoga bisa membantu yang lainnya.

  19. maaf pak bisa dikirimkan, file easysamplenya, soalnya situsnya sudah nggak ada lagi, saya lihat mau dijual, terima kasih sebelumnya.

  20. Asalamu ‘alaikum Pak
    setelah saya cek ada situs yg bagus untuk kegiatan saya belajar tentang sampling . Hanya saja keterbatasan untuk membuka internet menyebabkan sulit untuk mendownloaad . Bisakah saya memperoleh software easy sample untuk keperluan pembelajaan … sebelumnya diucapkan terima kasih

  21. oiya pak…bisa minta dikirim ke email saya pak itu software easy sample…jazakallah…

  22. maaf…pak…link nya kug tdk bisa ya..pak…ada link laennya??trims…

  23. link download software easy sample gak bisa di download,
    tolong minta link yang baru,,, klo bisa k alamat email saya
    makasih sebelumnya

  24. tolong pak di emailkan software easysample ke email saya, karena saya coba download sulit sekali. trimaksih banyak

  25. Mohon bantuan utk kirim software easy sample melalui email m2ndolanov@yahoo.co.id karena beberapa kali dan bolak balik tidak sukses artinya file zip/rar yg perlu di download tidak ketemu

    trims

  26. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Yth. Pak Junaidi
    Saya mahasiswa di fakultas ekonomi-manajemen, saat ini sedang mengerjakan skripsi tentang peranan costumer service terhadap citra perusahaan di sala satu perbankan di Indonesia. Dengan jumlah nasabah kredit mikro sebanyak 450 orang, dalam menunjukkan ukuran sample dari populasi saya gunakan rumus solvin, akan tetapi menurut dosen pembimbing saya harus menggantinya dengan rumus iterasi/iteratif, sementara target saya untuk sidang adalah bulan depan.
    Pertanyaan saya adalah:
    1. Apakah salah jika saya mempertahankan untuk menggunakan rumus solvin?
    2. Mohon penjelasan mengenai rumus iterasi tersebut / mohon informasi referensi buku / link yang dapat membuat saya mengerti tentang operasionalisasi rumus tersebut secara menyeluruh dalam skripsi saya!
    3. Mohon tips & trik dalam mengerjakan skripsi saya!
    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Penggunaan rumus-rumus tertentu dalam penetapan jumlah sampel diantaranya ditentukan oleh karakteristik populasi, kemudahan/kesulitan untuk mendapatkan sampel serta ada atau tidaknya sampling frame. Kemungkinan pembimbing Sdr. menyarankan mengganti dengan rumus iterasi dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut atau pertimbangan lainnya. Di internet banyak sumber yang menjelaskan rumus iterasi ini. Diantaranya saya kutipkan dua link disini
    http://www.damandiri.or.id/file/ratniprimalitaunpadbab3.pdf
    http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH5a88.dir/doc.pdf

  27. pak, jika saya mempunyai populasi 100. kemudian dengan menggunakan easysample tersebut saya ingin mengetahui jumlah sample saya. saya memasukkan nilai expected error 15%, desire precision range (+/-)10%,. confidence level 95%, hasilnya adalah 32,877.
    saya pernah membaca, untuk menentukan sample maka terlebih dahulu menentukan confidence leve/confidence limit yaitu tingkat keyakinan (dalam software tersebut adalah desired confidence level) dan menentukan confidence interval yaitu tingkat kesalahan yang diharapkan.
    yang ingin saya tanyakan, yang dimaksud dengan tingkat kesalahan dalam software easysample yang mana? apakah desired precision range atau expected error rate. terus terang saya masih belum paham. mohon penjelasan dari Pak Junaidi. Terimakasih.

    Penjelasan mengenai expected error, desire precision range dan confidence level sepertinya ada pada menu help dari easysample ini. Coba dibuka

  28. assalamu’alaykum. Pak, mohon bantuannya. Saya baru penelitian di bagian produksi suatu home industry. Tentang menentukan kontrol kualitas produk. saya sudah punya data jumlah produksi per hari selama 1 minggu. Yang ingin saya cari adalah jumlah produk reject-nya. Saya berencana menggunakan simple random sampling. Tapi bingung untuk menentukan random dari sisi apanya? waktu ataukah jumlah? kalau jumlah, bgmn cara menentukannya? dan butuh berapa kali sampling? ctt : produk dihasilkan dari handmade. itu cara menentukannya gmn ya pak? jawaban bapak sgt berarti untuk penelitian saya. Trima kasih

  29. yg trhormat bpk junaidi..
    saya mahasiswa pasca sarjana di pekanbaru saya ingin melakukan penelitian sosial kemasyarakatan tp saya kurang mengerti ap itu confidence interval, confidence level, margin error termasuk cara menghitungnya.
    mohon bapak bermurah hati untuk membagi ilmu dan mengajari saya pak.
    kalau bpk berkenan bs mengajari dan mengirimkan software easysample juga.

    terima kasih sebelumnya..

  30. salam kenal pa’…
    pa saya t’tarik dg software Easysample, mohon kiranya bapak bisa mengirimkan software itu ke email saya? terimakasih sebelumnya.

  31. pak, saya tadi membaca ada rumus menentukan jumlah min sample dengan rumus n=2d2*p(1-p)
    n= jumlah sampel minimum
    d= tingkat ketelitian yang diinginkan (dalam desimal)
    p= proporsi dari populasi yang mempunyai karakteristik yang diukur
    apakah yang dimaksud dengan d dan p? darimana kita mengambil nilai d dan p tsb?
    apakah bisa mengambil sample secara random sebanyak yg kita mau tanpa menggunakan rumus tsb? tolong jawabannya diemail ke saya secepatnya ya pak. jawaban bapak akan sangat membantu saya. terima kasih…

  32. Pak, kebetulan sekali sy lg dlm tahap pengerjaan thesis yg mengharuskan sy melakukan pengambilan data berupa penyebaran kuisioner.
    Oiya, Bapak tahu tidak, situs online untuk memosting kuisioner sy secara online?
    berhubung sy byk membutuhkan responden dlm waktu singkat, dkejar deadline.

    makaciiiihhh
    (^____________^)

    Yang saya tahu adalah fasilitas polling dari beberapa situs yang bisa kita isi dengan pertanyaan. Tapi saran saya, kalau terkejar deadline, jangan terlalu berharap banyak pada polling-polling semacam itu. Biasanya responnya relatif lama

  33. pak, saya sudah mencoba untuk download software itu, namun tidak dapat dipergunakan. karena masih kurang untuk install .net framework nya. sementara untuk men download nya membutuhkan waktu beberapa hari. tapi saya membutuhkan segera software itu. mohon kiranya bapak bisa mengirimkan software itu ke email saya? terimakasih sebelumnya.

    Sudah saya kirimkan.

    • bapak atau mas yang mengirim program easysample tolong juga kalau bisa mengirim kepada saya. saya sangat tertarik untuk belajar

  34. salam kenal pak..
    saya sudah mencoba mendownload di link yang bapak kasih..kenapa tidak bs ya pak??
    saya tertarik menggunakan software ini untuk membantu pengerjaan tugas saya…
    terima kasih juga atas penjelasan mengenai perumusan yg digunakan pada softwarenya pak..

    Sudah saya kirimkan filenya melalui email

  35. Assalamualaikum pak. Salam kenal sy terkesan dengan penjelasan bapak ttg penentuan jumlah sampel. Bisa kirimkan file easy sampel ke saya…

    Sebelumnya sampaikan terima kasih..

    Sudah saya kirimkan

  36. maksih ya pak…saya akan coba dulu..

  37. satu lagi pak, gmn tentukan ukuran sampelnya pd penelitian faktorial RAK

  38. apakah ada keetentuan untuk besaran populasi dalam tiap petak penelitian faktorial RAK, sy mo teliti jarak tanam dan dosis pupuk

  39. pak,minta tolong juga.Saya sudah coba download tapi gagal.Kalau berkenan,dikirimkan via email boleh pak?Terimakasih

  40. Pak, saya mau tanya.
    Saat ini saya sedang melakukan penelitian untuk TA mengenai knowledge management. Saya mengalami stuck pada kuesioner. Adakah rumusan atau referensi selain dari slovin untuk menentukan ukuran sampelnya? karena saat ini saya masih belum juga bisa mengumpulkan sejumlah 100 responden padahal saya ingin segera ujian sidang melihat teman-teman saya banyak yang sudah sidang. terima kasih. Mohon jawabannya dikirim lewat email saya.

  41. pak saya mo tanya kayaknya rumus sampel di atas hanay untuk sampel acak sederhana saja ya?rumus tersebut bisa tidak klo d pakai untuk teknik multistage random sampling? dan untuk tingkat ketelitian tuh maksudnya apa?qo tingkat ketelitian 10%?dari mana muncul 10%?terimakasih

  42. salam kenal pak , kok programnya ngak bisa terinstal . saya pakai vista. tolong solusinya , apa ada program lain untuk mencari sampel yang dapat jalan di vista . mohon bantuannya . ( kalau bisa kirim ke email saya ) . maaf merepotkan anda.

    Sayangnya memang easysample tersebut tidak compatible dengan vista. Maaf, saya belum punya yang compatible dengan vista. Mudah-mudahan lain kali ketemu

  43. Pak Junaidi

    Ass. Wr. Wb, mohon bantuannya langkah-langkah untuk download Easysample, karena sudah mencoba pada Artikel Bapak di alenia bawah : Anda tertarik dengan program ini ? Silakan download disini. Gratis kok dan ukuran filenya juga hanya 700KB.
    Setelah saya coba khok gagal. Terima kasih sebelumnya. Wassalam

    Kayaknya tidak ada masalah dengan downloadnya. Barusan saya coba lagi, berhasil. Caranya biasa, Klik saja tulisan Download Zip File Version (700 k).
    Saya kirimkan saja file yang sudah saya download ke emailnya ya ?

  44. bagaimana dengan menentukn sample yang jumlah populasinya tidak diketahui???

    Coba lihat jawaban saya pada jess putra diatas

  45. maaf pak numpang tanya, terkait dengan literatur, rumus di atas ada di buku mana ya pak ?
    terima kasih

    Itu rumus standar dalam penentuan ukuran sampel. Banyak sebenarnya rumus-rumus lainnya. Bisa dilihat di buku-buku statistik inferensi, metodogi penelitian atau teknik sampling. Untuk rumus di atas, salah satu contohnya ada di buku Teknik Sampling karangan Eriyanto, terbitan LKiS tahun 2007.

  46. Mau nanya ini pak. Apakah ada ketentuan khusus yang mengatur ukuran sample minimn yang kita ambil untuk penelitian sosial.
    Saat ingin menentukan jumlah sample, saya mengunakan sistem yang telah tersedia di http://www.surveysystem.com/sscalc.htm. Saat saya input populasinya 8079, LOC 95% dan confidence intervals nya 5% maka ukuran sampel yang harus di ambil adalah 367 responden.
    Yang membuat saya binggung adalah bagaimana perhitungannya sehigga muncul 367. Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    Sebenarnya banyak cara/rumus untuk menentukan ukuran sampel. Kalkulator yang digunakan dalam web tersebut menggunakan rumus yang bisa dilihat dengan cara mengklik menu “Sample Size Formula”.
    Ada dua tahap yang dilakukan dalam rumus tersebut, yaitu menentukan ukuran sampel dengan menggunakan informasi confidence level dan confidence interval, dengan rumus:

    ukuran sampel (ss) = ((Z^2)*(p)*(1-p))/(C^2)
    dimana Z = nilai Z pada confidence level tertentu. Karena kita klik pilihan 95% maka nilai Z = 1,96 (lihat tabel distribusi normal).
    p = probabilita (persentase) terpilihnya sampel. Dalam kalkulator ini di defaultkan 0,5.
    c = confidence interval. Tadi kita buat 0,05.
    Dengan memasukkan angka2 tersebut ke dalam rumus diatas, didapatkan hasilnya adalah 384,16
    Tahap kedua adalah mengkoreksi ukuran sampel jika jumlah populasi terbatas/diketahui dengan rumus:

    ss koreksi = ss / (1 + ((ss-1)/populasi)).
    Dengan memasukkan ss yang tadi sebesar 384,16 dan populasi kita sebesar 8079, maka didapat angka 367.
    Itu kira-kira caranya. Maaf sangat terlambat merespons. Lagi sibuk bolak-balik antar daerah. (Junaidi)

  47. Mo tanya pak, apabila saya ingin mengambil sampel mengenai reject barang di suatu mesin bagaimana caranya?Mungkinkah saya mengambil sampel reject tersebut per satuan waktu yang dapat merepresentasikan keseluruhan reject yang terjadi??Dan berapa replikasi yang saya butuhkan agar validitas data saya tetap terjaga.

    Jawab:Pada prinsipnya pengambilan sampel dalam produksi, terkait dengan upaya menjamin kualitas produk. Karenanya, disarankan untuk lebih mendalami konsep-konsep TQM (Total Quality Management), SPC (Statistical Process Control) dan konsep yang agak baru yaitu Six Sigma.
    Apakah perlu mengambil sampel per satuan waktu ? Tergantung apakah waktu menentukan variabilitas kualitas produk. Maksudnya, kalau mesin berproduksi dari pagi sampai sore, ada kemungkinan variabilitas produk yang dihasilkan pagi, siang dan sore hari berbeda, maka sampel perlu diambil pada tiga periode waktu tersebut. Kalau tidak, dirandom saja waktu pengambilannya.
    Berapa sampel yang harus diambil ? Tergantung dari jumlah produk yang dihasilkan, presisi dari variasi produk yang dianggap diterima dan reject, dan tingkat validitas yang diinginkan.
    Kapan pengulangan sampel perlu dilakukan? Tergantung pada kapan umur penggunaan mesin akan mempengaruhi variabilita produk
    Nah, setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut, kita bisa menggunakan bantuan EasySample dalam perhitungannya.

Tinggalkan Balasan

