Memanfaatkan Solver dalam Excel untuk Optimisasi (Seri Solver bag.1)


Riset Operasi (operation research) pada awalnya dimulai dikalangan militer dalam permulaan Perang Dunia Kedua.  Konsep ini diperkenalkan dalam rangka mengalokasikan sumber-sumber atau input yang terbatas guna melayani berbagai operasi militer dan kegiatan-kegiatan di dalam setiap operasi secara efisien dan efektif. Pada tahap selanjutnya, penerapan  riset operasi  berkembang tidak hanya pada bidang militer tetapi pada bidang-bidang industri, bisnis dan pemerintahan sipil.

Selain  perkembangan dalam bidang penerapan, perkembangan juga terjadi dalam teknik-teknik riset operasi  tersebut yang salah satunya adalah linear programing.  Linear Programming (pemrograman linier) merupakan teknik matematik yang didesain untuk membantu pengambilan keputusan dalam mengalokasikan sumber daya ekonomi yang dimiliki baik di tingkat mikro (perusahaan) ataupun pada tingkat makro (wilayah/negara) secara optimal.

Sumberdaya dapat berupa bahan baku, waktu kerja mesin, waktu kerja orang, uang atau apapun yang memiliki keterbatasan dalam persediaannya (supply). Solusi optimal dapat berarti memaksimumkan profit, meminimumkan biaya atau pencapaian kemungkinan kualitas yang terbaik. Berbagai variasi dari masalah optimalisasi ini dapat ditangani dengan linear programing ini, diantaranya:

1. Bidang Investasi dan Keuangan

a.  Pengelolaan modal kerja, mencakup pengalokasian kas untuk berbagai tujuan (piutang, inventaris) dalam berbagai periode waktu, untuk memaksimumkan  penerimaan bunga/hasil.

b.  Penganggaran modal, mencakup pengalokasian dana untuk proyek-proyek, untuk memaksimumkan “return on capital” perusahaan.

c.   Optimisasi Portfolio, mencakup pengalokasian dana untuk saham atau obligasi untuk memaksimumkan hasil pada tingkat resiko tertentu, atau meminimumkan resiko untuk suatu target hasil.

2. Bidang Manufacturing

a.  Pencampuran (Blending) misalnya pencampuran makanan ternak, yang mencakup pengalokasian dan mengkombinasikan bahan baku dari berbagai jenis dan tingkatan, untuk memenuhi permintaan dengan meminimumkan biaya

b.  Memotong persediaan (untuk kayu, kertas dan lainnya) mencakup pengalokasian ukuran dari kertas atau kayu yang besar yang dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil, untuk memenuhi permintaan dengan meminimumkan bahan yang terbuang

3. Distribusi dan Jaringan

a.  Rute (dari barang, gas alam, listrik, data digital dan lainnya) mencakup pengalokasian sesuatu pada jalur yang berbeda menuju berbagai tujuan, untuk meminimumkan biaya atau memaksimumkan hasil

b.  Muatan (dari truk, kereta api dan lainnya) mencakup pengalokasikan ruang kendaraan untuk barang-barang dengan ukuran yang berbeda guna meminimumkan ruang yang tidak digunakan/tidak terpakai

c.   Penjadwalan dari segala sesuatu mulai dari pekerja mesin dan ruang pertemuan, yang mencakup pengalokasian kapasitas untuk berbagai pekerjaan guna memenuhi permintaan dengan meminimumkan keseluruhan biaya.

Dalam kerangka optimisasi dengan linear programming ini, Excel memiliki fasilitas add-ins (tambahan) yaitu fasilitas Solver. Untuk memanfaatkannya,  Klik menu Tool kemudian klik Solver. Jika setelah mengklik Tool, ternyata tidak muncul pilihan Solver, berarti menu tersebut belum diaktifkan di program Excel Anda. Untuk mengaktifkannya, klik Tool, kemudian klik Add ins, selanjutnya conteng pada pilihan Solver Add-In, setelah itu klik ok. Kemudian kembali klik menu Tool. Dstnya.

Setelah itu, akan muncul tampilan Solver sebagai berikut:

Tampilan tersebut meminta kita untuk memasukkan parameter-parameter variabel keputusan, fungsi tujuan dan fungsi kendala. Nah, pembahasan-pembahasan cara merumuskan semua parameter tersebut serta contoh-contoh aplikasi perhitungan akan kita bahas pada tulisan-tulisan berikutnya. Insya Allah, tulisan ini direncanakan akan menjadi tulisan berseri dan ini merupakan bagian awal/pengantarnya.

Untuk seri berikutnya, silakan klik dibawah ini:

 
 
 
 

 

6 Tanggapan

  1. blognya berguna…….thx banget
    oh iya….saya kemaren dapet kasus yang harus diselesaikan dengan solver…tpi ga nemu solusinya….boleh dishare ya pak ilmunya….
    “misalkan ada 4 undangan….masing 2 undangan ongkosnya berbeda(undgan 1=100rb, undgan 2=50rb, undgan 3 =150rb, undgan 4=250rb.jika dihadiri ke-4 nya ……uangnya ga cukup…..gimana cara menentukan pilihan beberapa undangan yang harus dihadiri….jika uang yang tersedia hanya 400.000.mhn pencerahannya pak.thx sebelumnya.

  2. Saya sudah coba, tp kenapa pada sel target tidak keluar hasilnya ya?

    Coba lihat, seri-seri berikutnya pada tulisan ini. Mungkin ada yang kurang pas ketika menginputnya

  3. thx atas artikelnya

  4. Assalaamu’alaikum
    sangat bermanfaat sekali pak artikelnya…
    terus berkarya dengan tulisan-tulisan yang sangat bagus..

    Terimakasih dukungannya.

  5. thanks ya buat bapak yg ngeposting ini. sangat membantu saya sebagai mahasiswa dalam mengerjakan tugas,,,

    Ya, sama-sama. Senang jika bisa terbantu

  6. […] Disain PENANGANAN KESULITAN PEMBAYARAN SPP Semester Ganjil Saved by Hekerui on Sun 28-9-2008 Memanfaatkan Solver dalam Excel untuk Optimisasi (Seri Solver bag.1) Saved by feableweiner on Sat 27-9-2008 Jurnal @ Pustekkom: Minggu LIX (07.2008) Saved by […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: