Aplikasi LISREL pada Model Persamaan Struktural (Seri LISREL bag.8)


Tulisan ini merupakan seri terakhir (seri kedelapan) dari seri yang membahas mengenai aplikasi-aplikasi dasar dari LISREL. Tentunya, untuk mendalami lebih jauh mengenai LISREL, kita harus membaca buku-buku mengenai LISREL dengan bahasan-bahasan yang lebih lanjut. Meskipun demikian, sebagai tulisan yang mengantarkan kepada pemahaman awal, harapannya ini bisa membantu.

Ok. Pada tulisan ini kita akan fokuskan pada aplikasi LISREL untuk Structural Equation Model (SEM). SEM secara statistik adalah generasi kedua dari teknik analisis multivariate, yang memungkinkan peneliti untuk menguji hubungan antara variabel yang kompleks baik recursive maupun non-recursive untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai keseluruhan model.

Misalnya kita ingin melakukan penelitian mengenai keyakinan masyarakat terhadap partai politik di Indonesia. Untuk itu diambil sampel sebanyak 150 orang. Jawaban responden kita skor dengan skala Likert.

Misalnya lagi, kita punya kerangka teori bahwa keyakinan terhadap partai politik (PARTAI) ditentukan oleh keyakinannya terhadap keberhasilan program partai (PROGRAM) dan keyakinannya terhadap kemampuan pengurus partai (PENGURUS). Keyakinannya terhadap kemampuan pengurus partai juga mempengaruhi keyakinannya terhadap keberhasilan program partai.

Selanjutnya untuk mengukur keyakinan terhadap partai politik digunakan dua indikator (X5 dan X6), untuk mengukur keyakinan terhadap keberhasilan program partai digunakan dua indikator (X3 dan X4) sedangkan untuk mengukur keyakinan terhadap kemampuan pengurus partai dengan indikator X1 dan X2

Model grafisnya dari kerangka teori kita adalah sebagai berikut:

 

Setelah melakukan penelitian, dan data sudah diinput. Ubah file data ke dalam format prelis dan misalnya kita tempatkan di folder D:/blog dengan nama file partai.psf. Selanjutnya, tuliskan input perintah pada program LISREL (SIMPLIS) sebagai berikut


Setelah dirun dengan LISREL kita akan mendapatkan hasil output grafik dan output dalam bentuk teks. Sebagian output grafik (yaitu grafik dengan koefisien estimasi) ditampilkan di bawah ini. Sedangkan output teks kita tampilkan utuh. (Catatan: Tetapi tidak diinterpretasikan disini. Sebagai bahan latihan silakan interpretasikan sendiri mengacu pada tulisan-tulisan seri LISREL sebelumnya)


 

 


 

28 Tanggapan

  1. Pagi pak.. Senang sekali ketemu sama blog ini, sangat membantu. Sy mau tanya pak, sy menggunakan metode mimic dengan lisrel 8.8 student edition, sudah sy praktekkan sesuai tutorial tapi ketika run lisrel selalu keluar fatal error “unexpected end file encountered in file ‘trial.cov’ (file confirmatory), itu kenapa ya pak? Pdhl step by step nya sudah sesuai. Trimakasih

  2. pak saya mhs yg sedang mengerjakan tugas akhir, dengan lisrel, ada yg mau saya tanyakan pak
    1. pak data saya tidak normal, saya sudah normal score kan, tetapi tetap tidak normal, itu bagaimana mengatasinya pak?
    2. pak saya mau tanya tahapan dlm robust MLE, itu menggunakan file asymptotic covariance matrix (ACM)?
    3. saya sudah simpan file kedalam file acm,, tetapi file acm tidak keluar (file is not found), bagaimana mengatasinya pak?
    mohon balasannya pak, terima kasih

  3. pak saya mhs yg sedang mengerjakan tugas akhir, dengan lisrel, ada yg mau saya tanyakan pak
    1. pak data saya tidak normal, saya sudah normal score kan, tetapi tetap tidak normal, itu bagaimana mengatasinya pak?
    2. pak saya mau tanya tahapan dlm robust MLE?
    3. saya sudah simpan file kedalam file acm,, tetapi file acm tidak keluar (file is not found), bagaimana mengatasinya pak?
    mohon balasannya pak, terima kasih

  4. assalamualaikum ,,,pak saya mo tanya untuk olahan data TA saya pke aplikasi amos saya udah rangkai gambarnya tapi masalah outputnya udah keluar semua tapi nilai yang biasa yang keluar di gambar itu gx da,,,, tolong pak solusinya kenapa bisa seperti itu

  5. Assalamulaikum Pak 🙂
    Minta ijin buat tanya2 tentang lisrel,kebetulan juga lagi ngerjain tugas akhir dengan software lisrel.

    terkait post bapak di atas, ada beberapa yg ingin saya tanyakan :
    1. mengapa t-value untuk nilai lamda variabel manifest endogen (dalam hal ini X3 dan X5) tidak keluar pada hasil output persamaan pengukuran, dan yang keluar/yang ditunjukkan hanya t-value untuk error var saja ? karena hasil output saya juga seperti itu pak, namun saya tidak bisa menjelaskan kenapa angka t-value tersebut tidak bisa keluar.

    2. terkait pertanyaan 1, untuk mengetahuinya, apakah angka t-value tersebut bisa dicari melalui cara lain? jika bisa mgkn bisa sedikit di uraikan cara2nya.

    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  6. Dear Bapak,

    Terima kasih atas info nya, saya mau tanya bila semua variable saya adalah variable yang bisa diukur, namun saya memiliki 2 variable dependen, apakah saya harus menggunakan lisrel? thx

    mea

  7. assalamu alaikum

    saya punya lisrel 8.80 for student, tapi hanya bisa maksimum 15 variabel teramati yg bisa, kemudian saya download lisrel 8.80 trial 15 hari, namun tidak bisa di gunakan karena minta kode aktivasi, darimana saya bisa memperoleh kode aktivasi tersebut.

  8. assalamualaikum…
    pak saya ingin bertanya, pada output LISREL atau AMOS terdapat output yg sudah standardized, apa perbedaan output model yg standardized dengan output model yg unstandardized??
    tulisan dari bapak, sangat membantu penyelesaian Skripsi saya,,
    Terima Kasih

    Model standardized adalah model dengan variabel yang telah distandarisasi (nilai variabel tersebut telah ditransformasi dalam nilai z score). Unstandarized adalah model data asli

    • jika ingin menyajikan dalam TA saya sebaiknya menggunakan yg terstandarisasi atau yg unstandardized?
      soalnya pada model saya yg terstandarisasi terdapat nilai error yg mencapai 0,8..
      terima kasih

  9. pak, saya mengambil judul TA Pengaruh inovasi produk thd loyalitas dg variabel kepuasan sebagai mediator…

    berdasarkan teorii, model saya berupa garis yaitu Inovasi->kepuasan->loyalitas

    setelah saya olah data saya, kenapa GOFI nya tidak ada yg fit?? sudah saya lakukan modifikasi tetapi tetap tidak ada yg fit…
    apa ada kesalahan pada data saya??
    mohon penjelasannya…

  10. assalammualaikum..
    saya ingin bertanya pada tahap modifikasi ada saran untuk mneghubungkan error ke error dari masing-masing indikator. kenapa dengan menghubungkan kedua error tersebut terjadi penurunan nilai chi-square?
    terimakasih

  11. pak, saya ingin menanyakan mnegenai software pada SEM…
    kalo boleh tau, antara LISREL dan AMOS penggunaannya lebih mudah yg mana??
    jika data yg sama di proses menggunakan kedua software tsb, hasilnya berbeda pa tidak??
    terimakasih

    Sebagian besar orang menyatakan lebih mudah menggunakan AMOS karena tidak perlu menulis bahasa perintah program. Kemungkinan berbeda hanya di pembulatannya saja.

  12. Assalamu’alaikum

    Saya banyak mendapat ilmu dari tulisan Bapak. Saya juga sedang melakukan penelitian dengan 2 variabel independen (Komitmen kerja dan Kepuasan kerja), 1 variabel moderating (Kebijakan 5 Hari Kerja), dan 1 variabel dependen (Efektivitas Organisasional). Kalau boleh Bapak bantu bentuk perintah pada Lisrel, Pak
    Terima kasih sebelumnya.

  13. dimana ya saya bisa mendapatkan program lisrel 8.80 atau yang sebelumnya?.
    saya punya sedikitnya 21 intrumen, lisrel versi student bisa untuk berapa variabel ya?.
    terima kasih.
    salam kenal.

  14. Aslamkum Wr..
    Bapak, perkenalkan sy Ana. mhasiswa tingkat akhir,,
    jika Bapak berkenan mohon jawaban Bapak atas be2rapa pertanyaan sy..
    1. jika RMSEA sy sangat besar yakni sekitar 0.3 bolehkah sy melakukan interpretasi?? sebenarnya nilai chi square sy (baik nilai maupun p-value) membuat sy menolak Ho. tetapi nilai R kuadrat sy cukup memadai??
    2. kenapa yg menjadi parameter di SEM adalah matriks kovarian atau korelasi?? (karena biasanya menggunakan mean atau ukuran pemusatan lainnya)
    3. apakah kita boleh membentuk variabel laten sendiri??
    mksud sy adalah kita sendiri yg menentukan variabel indikator penyusun suatu var laten??

    Terima kasih sekali Pak…ditunggu jawabannya.
    Wassalamualaikum Wr..

  15. Apa bedanya LISREL sama SIMPLIS terus LISREL sama PRELIS, terus SIMPLIS sama PRELIS

  16. Askum..
    pak,saya mau tanya.
    Saya sudah mencoba mempraktekkan cara2 bpak ttg SEM, saya mencoba melakukan analisis faktor tapi kok pas saya run loadingnya lama sekali tidak pernah selesai dan tidak muncul outputnya..
    Ini rincian saya:

    SEM dengan Menggunakan LISREL
    Raw Data from file ‘E:\Baceman KP\KP Attar\File LISREL\LISREL KP.psf
    Latent Variables PEOPLE PLACE PHYSICALEVIDENCE PRODUCT PROCESS PRICE PROMOTION
    Relationships
    X1 – X3 = PEOPLE
    X4 = PLACE
    X5 = PLACE
    X6 = PHYSICALEVIDENCE
    X7 = PHYSICALEVIDENCE
    X8 – X10 = PRODUCT
    X11 – X13 = PROCESS
    X14 = PRICE
    X16 = PRICE
    X17 = PROMOTION
    X18 = PROMOTION
    Path Diagram
    End of Problem

    Dari input perintah d atas, apa ada yang slah y pak? Tolong dibantu. Terima kasih.

    • Saya pernah mengalami hal yg sama, tapi masih proses dan pesan errornya karena versi student (free) tidak bisa menghandle lebih dari 15 variabel.

  17. askun. pak saya mau tanya,
    saya punya kasus tentang mencari tingkat kepuasan karyawan suatu perusahaan terhadap lingkup kerjanya serta kepuasan pelanggan dari perusahaan tersebut, dimana nantinya masing2 dipengaruhi oleh beberapa faktor (variabel),
    logikanya adalah kepuasan pelanggan nantinya dipengaruhi oleh kepuasan karyawan, bisa tidak masalah ini diselesaikan dengan metode persamaan struktural? Terima kasih.

    Sangat bisa dan sesuai

  18. Pak saya mau tanya, untuk mendapatkan buku tentang Lisrel sulit sekali. Saya telah mencoba mencari di Gramedia dan Toko Gunung Agung namun selalu kosong. Bagaimana caranya saya dapat membeli buku tentang Lisrel. Karena saya sangat membutuhkan buku tersebut untuk riset penelitin saya. Terima kasih.

    Memang, buku lisrel agak sulit didapat di toko-toko buku. Ada beberapa Lisrel yang menurut saya mudah diikuti, yaitu
    Judul Buku : Lisrel Penulis : Tumpal JR. Sitinjak
    Judul Buku : Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 Penulis : Setyo Hari Wijanto
    Dua buku ini diterbitkan Graha Ilmu. Coba pesan langsung ke penerbitnya melalui alamat website ini: “http://grahailmu.co.id”
    Judul Buku: Structural Equation Model dengan Lisrel Penulis: Imam Ghozali Penerbit BP UNDIP. Ini bisa dipesan di “http://www.tsabita-books.com”

  19. pak saya mau tanya kalau mau cari hubungan antara 3 variabel lebih baik pakai Lisrel amos atau PLS??tetapi dlam 3 variabel tersebut juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya..
    terima kasih

    Menurut saya, sebaiknya menggunakan LISREL

  20. Askum…Pak saya pengen punya program aplikasi LISREl lengkap dengan cara pembahasannya, Gmana? terus program LISREL saat ini apa baru cuma versi student?

    Ada versi lengkapnya. Untuk versi terakhir (LISREL Versi 8.8 for Windows) harganya US$ 495 ditambah ongkos kirim US$ 20. Dengan kurs kira-kira 10.00 , kita harus merogoh kocek sekitar Rp 5,15 juta. SSI (Scientific Software International) sebagai perusahaan yang mengeluarkan produk LISREL juga menyediakan versi rental (sewa) untuk program ini. Untuk sewa selama 6 bulan dikenakan biaya US$ 75, dan untuk 12 bulan dengan sewa US$ 130.
    Buku-buku yang membahas mengenai LISREL cukup banyak beredar saat ini, di toko-toko buku. Diantaranya di Gramedia

  21. pak, saya mencoba mengikuti tahap demi tahap dalam buku Lisrel karangan Sitibjak, namun pada tahap ke 21 (waktu me RUN) hasilnya selalu error, biasanya salahnya dimana ya pak
    terima kasih sebelumnya

    Ada banyak penyebab munculnya error. Bisa lebih diperinci lagi pesan kesalahan tersebut ? Mudah-mudahan saya bisa bantu

  22. ass pak..
    saya mau nanya,kl di uji kecocokan model saya Chi square nya 75,27 df 34, p value 0,0006 dan RMSEA 0.09
    model saya masih bisa diterima ga??

    Nilai Chi-Square menunjukkan adanya penyimpangan antara sample covariance matrix dan model (fitted) covariance matrix. Nilai chi-square sebesar 0 menunjukkan bahwa model memiliki fit yang sempurna.
    P pada Chi-Square adalah probabilitas untuk memperoleh penyimpangan (deviasi) antara sample covariance matrix dan model (fitted) covariance matrix.
    Berbeda dengan pengujian signifikansi pada uji-uji lainnya, jika Chi-Square signifikan (p < 0,05) menunjukkan bahwa data empiris yang diperoleh memiliki perbedaan dengan teori yang dibangun berdasarkan SEM. Karenanya model dikategorikan tidak fit.
    Sebaliknya, jika nilai probabilitas (p-value) tidak signifikan, menunjukkan data empiris sesuai dengan model. Dengan kata lain, model tersebut memiliki fit yang baik.
    RMSEA mengukur penyimpangan nilai parameter model dengan matriks kovarians populasinya. Nilai RMSEA kurang dari 0,05 mengindikasikan model yang fit.
    Jadi kesimpulannya, dari kedua ukuran ini model Mbak tersebut tidak fit (tidak tepat)

  23. Asslalmualikum.. Pak Junaidi.

    Saya mau tanya cara menganalisis pengaruh moderator variabel pada analisis regressi berganda. tolong berikan contoh penyelesiannya . terimaksih atas bantuannya.

    Pada prinsipnya dalam regresi berganda dengan moderator variabel, kita bisa menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung suatu variabel. Contohnya, bisa dilihat pada tulisan saya di blog ini, yaitu “Aplikasi LISREL untuk Path Analysis”

  24. assalam… buku pak imam ghozali itu judulnya apa y?? trus tahun terbitnya kapan?? saya jg pingin lebih detail bwt skripsi.

    Judul bukunya: “Structural equation modeling : teori, konsep, & aplikasi dengan program lisrel 8.54”. Terbitan Badan Penerbit UNDIP Semarang Tahun 2005. Dulu ada di Gramedia. Kalau sekarang tidak ada coba langsung hubungi penerbitnya.
    Yang terbaru: “Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8” Karangan Setyo Hari Wijanto, Penerbit Graha Ilmu Tahun 2008

  25. ass…
    saya pengen tau sedetail-detailnya tentang analisa SEM karena untuk materi skripsi manajemen pemasaran saya…
    bisa bantuin g mas???

    Ada buku yang menurut saya sangat mudah dipahami mengenai SEM, yaitu karangan Pak Imam Ghozali. Coba Mas baca buku tersebut.

  26. ass…
    saya ingin bertanya maksud dari garis tandah panah tersebut ada yang terang dan tidak terang, maksud dari garis kedua tersebut itu apa?

Tinggalkan Balasan

