1200 hari dari Sekarang Tanggal Berapa ?


1200 hari dari sekarang (16 Juli 2008 ) tanggal berapa ? Saya bisa dengan mudah menjawabnya, yaitu tanggal 29 Oktober 2011.  Dari tanggal sekarang (16 Juli 2008 ) ke tanggal 14 Mei 2009 berapa hari? Saya juga dengan mudah menjawabnya, yaitu 302 hari. Loh, bagaimana caranya ? Ikuti tulisan di bawah ini

Pada tulisan sebelumnya, sekilas kita sudah perkenalkan Add-ins Extools untuk Excel. Sekarang kita akan bahas salah satu fasilitasnya.

Ketika Add-in Extools diaktifkan, tampilan toolbar dari Excel kita akan terlihat seperti di bawah ini. Salah satu toolbarnya adalah Calculator, karena ada beberapa sub menu yang cukup menarik di dalamnya. Yup, mari bermain-main dengan menu Calculator pada Extools ini. Cukup bermanfaat untuk keperluan-keperluan yang kadangkala tak terduga, seperti pertanyaan-pertanyaan diatas tadi.

Ketika anda klik icon calculator di toolbar tersebut, ada lima sub menu yang akan muncul. Berikut akan dibahas satu persatu sub menu tersebut.

1. Calculator

Ketika anda mengklik sub menu Calculator, maka akan muncul tampilan kalkulator seperti di bawah ini yang bisa digunakan seperti kalkulator biasa di menu Accessories dari Windows.

2. Character Map

Ketika sub menu Character Map anda klik, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik karakter yang diinginkan, kemudian klik Select, kemudian klik Copy, kemudian Paste kan pada sel yang anda inginkan di Excel. Atau cara yang lebih mudah, klik karakter tersebut dan langsung tarik ke sel yang diinginkan. Secara langsung, karakter tersebut akan tercopi.

3. Number of Days Between to Dates

Bertujuan untuk menghitung hari dari satu tanggal ke tanggal lainnya. Ketika anda klik sub menu tersebut, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Isikan tanggal pada Date 1 dengan mengklik icon disampingnya. Maka akan muncul tampilan dibawah ini. Pilihlah tanggal yang diinginkan (dalam contoh 16 Juli 2008), kemudian klik OK.

Dengan cara yang sama, isikan tanggal pada Date2 dengan mengklik icon disampingnya. Misalnya tanggal 14 Mei 2009. Setelah itu, klik Calculate, maka akan keluar hasilnya adalah 302 hari.

4. Add Day to a Date

Sub menu ini bertujuan untuk menghitung tanggal dari suatu tanggal ditambah beberapa hari. Ketika Anda klik sub menu ini akan muncul tampilan berikut:

Isikan Start date dengan tanggal awal. Caranya dengan mengklik icon disampingnya (seperti sub menu sebelumnya). Kemudian isikan jumlah hari dari tanggal tersebut. Setelah itu klik Calculate. Dalam contoh kita di bawah ini, kita mulai dengan tanggal 16 Juli 2008, dan 1200 hari kemudian akan jatuh pada tanggal 29 Oktober 2011.

5. List all Filenames in Selected Folder

Sub menu ini bertujuan untuk menampilkan selurh nama file pada folder yang kita pilih. Nama file akan muncul pada lembar kerja kita. Ketika anda klik sub menu ini, maka akan muncul tampilan yang meminta anda untuk memilih folder yang diinginkan seperti di bawah ini.

Dalam contoh, saya pilih folder “modul ekm”, kemudian klik OK. Maka akan muncul seluruh nama file dan rincian keterangan file tersebut pada worksheet kita seperti di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: