Iklan

Matriks Diagonal dan Identitas dengan Add-In Matrix (Seri Matrix bag.4)


Matriks diagonal adalah matriks bujur sangkar (jumlah baris dan kolomnya sama) dengan seluruh unsurnya bernilai 0 kecuali pada diagonal utama (diagonal dari kiri atas ke kanan bawah). Matriks identitas atau matriks satuan adalah bentuk khusus dari matriks diagonal, dimana seluruh unsurnya bernilai 0 kecuali pada diagonal utamanya yang semua unsurnya bernilai 1.

Biasanya, untuk mengetik (menginputkan) matriks diagonal atau matriks identitas, kita melakukan secara manual dengang mengetik angkanya satu persatu. Tentunya, ini akan sangat merepotkan dan butuh waktu lama, apalagi jika ukuran matriksnya besar.

Nah, pada tulisan kali ini saya akan memberikan cara yang praktis, mudah dan cepat dalam menginput kedua jenis matrik tersebut. Caranya dengan memanfaatkan fungsi yang ada pada Add-in Matrix Excel. Penjelasan pengantar mengenai Add-in Matrix Excel sudah pernah saya tulis sebelumnya. Bagi yang belum membacanya, silakan lihat tulisan seri matrix bag.1 pada kategori Tip & Trik di blog ini.

Bagaimana caranya? Untuk latihan misalnya kita ingin membuat matriks diagonal dengan unsur diagonalnya adalah 7, 11, 3, 21, 59. Ketikkan misalnya angka-angka tersebut mulai dari sel A3 sampai A7. Kemudian, misalnya kita akan menempatkan matriks diagonal di range D3:H7. Bloklah range tersebut, kemudian tulis rumus =MDiag(A3:A7). Selanjutnya, tekan CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan. Maka matriks diagonal akan muncul di range D3:H7 tersebut, seperti terlihat pada tampilan berikut

Selanjutnya, untuk membuat matriks identitas, lebih gampang lagi. Misalnya, kita ingin membuat matriks identitas dengan ukuran 4×4, yang kita tempatkan pada range D10:G13. Blok lah range tersebut, kemudian ketik rumus =Mide(4). Maka matriks identitas akan tampil pada range D10:G13 tersebut seperti tampilan berikut:

Ok, selamat mencoba

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

2 Tanggapan

  1. Waah, ternyata ada juga ya cara seperti ini. Bisa dicoba 🙂

  2. Makasih yaaa artikelnya..Membantu saya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: