Jangan Terlalu Banyak Membuat Link dalam Satu Halaman


Awalnya, halaman depan blog saya, saya link ke semua tulisan yang ada di blog. Ini saya maksudkan agar pengunjung bisa secara mudah mengakses tulisan-tulisan tersebut. Namun demikian, semakin lama semakin banyak tulisan yang dipostkan maka semakin banyak juga link yang ada pada halaman depan tersebut, sehingga ditambah dengan link-link lainnya mencapai hampir 120 an link.

Ini ternyata sangat mengganggu mesin pencari dan menyebabkan blog saya kurang terindeks secara optimal, dan berpengaruh pada tidak terindeksnya beberapa tulisan-tulisan baru saya. Akhirnya, pada halaman depan, link-link pada tulisan tersebut saya hapus dan tinggal hanya judul tulisan tersebut. Hasilnya, tulisan-tulisan yang tadi terindeks di mesin pencari akhirnya kembali terindeks.

Ini sekedar tip bagi para blogger, agar jangan membuat terlalu banyak link pada satu halaman. Usahakan kurang dari 100 link.

Tinggalkan Balasan

