Jangan Terlalu Boros dengan Tag


Hampir dua bulan, blog saya tidak di ping oleh technorati, sehingga tulisan-tulisan baru saya tidak muncul dalam list mereka. Selain itu, pada tag surfer di wordpress, tag-tag tulisan pada blog saya juga tidak tercantum. Ini berdampak pada turunnya kunjungan ke blog secara drastis.

Tag memang berbeda dengan kategori. Katanya tag lebih fleksibel dan bisa dibuat sebanyak-banyaknya. Karenanya pada setiap tulisan, saya cantumkan tag yang cukup banyak sehingga total tag di blog saya lebih 300 an. Dampaknya ? Ya seperti yang saya kemukakan di atas tadi.

Akhirnya, tag-tag tersebut saya perbaiki dan kurangi, hingga menjadi kurang dari 50 an. Nah, tidak lama kemudian, tulisan saya muncul kembali pada tag surfer nya wordpress, dan si tecnorati kembali memping tulisan-tulisan saya. Kunjungan ke blog saya kembali meningkat secara bertahap.

Ini sekedar berbagi pengalaman dengan blogger yang lain, yang saya lihat juga seringkali mencantumkan tag yang banyak pada tulisannya. Jangan terlalu boros dengan tag, dan usahakan hanya sekitar 5 – 10 tag saja.

Tinggalkan Balasan

