Iklan

Jangan Terlalu Boros dengan Tag


Hampir dua bulan, blog saya tidak di ping oleh technorati, sehingga tulisan-tulisan baru saya tidak muncul dalam list mereka. Selain itu, pada tag surfer di wordpress, tag-tag tulisan pada blog saya juga tidak tercantum. Ini berdampak pada turunnya kunjungan ke blog secara drastis.

Tag memang berbeda dengan kategori. Katanya tag lebih fleksibel dan bisa dibuat sebanyak-banyaknya. Karenanya pada setiap tulisan, saya cantumkan tag yang cukup banyak sehingga total tag di blog saya lebih 300 an. Dampaknya ? Ya seperti yang saya kemukakan di atas tadi.

Akhirnya, tag-tag tersebut saya perbaiki dan kurangi, hingga menjadi kurang dari 50 an. Nah, tidak lama kemudian, tulisan saya muncul kembali pada tag surfer nya wordpress, dan si tecnorati kembali memping tulisan-tulisan saya. Kunjungan ke blog saya kembali meningkat secara bertahap.

Ini sekedar berbagi pengalaman dengan blogger yang lain, yang saya lihat juga seringkali mencantumkan tag yang banyak pada tulisannya. Jangan terlalu boros dengan tag, dan usahakan hanya sekitar 5 – 10 tag saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: