Tip Agar File Word 2.0 dan Word 95 Terbaca di Word 2007


Ketika beralih dari MS Word 2003 ke MS Word 2007, banyak file-file word saya yang lama tidak bisa dibuka (yang tadinya dengan MS Word 2003 masih terbaca). File-file tersebut sebagian saya buat dengan MS Word 95. Padahal file-file tersebut, adalah tulisan-tulisan penting yang masih banyak kegunaannya saat ini.

Cari-cari bantuan help nya Microsoft Office, akhirnya ketemu. Bahkan dengan cara ini, file yang saya buat dengan Word 2.0 pada zaman baheula dulu juga bisa terbaca (yang bahkan berantakan ketika dibaca dengan Word 2003 — mungkin karena saya belum tahu caranya). Agar caranya tidak lupa dan bisa berbagi dengan yang lain, berikut saya berikan tahapan-tahapannya.

1. Keluar dari MS Word

2. Klik Start, kemudian klik Run, kemudian ketik regedit. Seperti tampilan di bawah ini.

  

3. Setelah itu, klik OK, akan muncul tampilan berikut:

 

Selanjutnya jika anda pengguna sistem Windows 2003 klik urutan sebagai berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Office\12.0\Word\Security\FileOpenBlock

Sedangkan untuk pengguna sistem Windows Vista klik dengan urutan sebagai berikut: (Policies nya tidak ada lagi karena ketika mengklik OK pada menu RUN sebelumnya sudah ada User Account Control)

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\12.0\Word\Security\FileOpenBlock

Catatan: jika FileOpenBlock sub key tidak ada, anda harus buat sendiri. Caranya melalui tahapan berikut:

a. Klik (pilih) Security subkey.

b. Di menu Edit, pilih New dan klik Key

c. Ketik FileOpenBlock dan tekan ENTER.

4. Setelah memilih subkey pada tahapan 3, tempatkan nilai DWORD.

Jika nilai DWORD tidak ada, anda harus buat sendiri dengan cara sebagai berikut:

a. Pada menu Edit, pilih NEW dan klik DWORD Value

b. Ketik nama nilai DWORD, misalnya dengan nama FilesBeforeVersion. Anda bisa lihat hasilnya seperti tampilan di bawah ini. Dimana muncul FileBeforeVersion dan type REG_DWORD

5. Klik kanan DWORD tersebut (yang kalau anda buat sendiri bernama FileBeforeVersion), kemudian klik Modify. Akan muncul tampilan berikut:

 

6. Pada kotak Value data, ketik 0 dan kemudian klik OK

7. Pada menu File, klik Exit untuk keluar dari Registry Editor

8. Selamat, akhirnya file-file word penting saya kembali bisa dibuka dan dibaca.

2 Tanggapan

  1. assalamualaikum,,

    Pak,, saya suka tulisan2nya di blog,, informatif dan menarik..

    sekiranya kalo bpk berkenan,, saya berharap sekiranya smua artikel2/tulisan bpk dibuat versi pdf yg bisa di download/min.bsa diprint,,soalnya saya tertarik untuk mengumpulkannya utk dibaca2lg (trtm soal statistik hehe,, cocok buat beginner) kalu lg tdk buka blog,,, sgt berguna sekali..

    o y pak,, alhamdulilah hari ini buku nya sdh sampai,, software nya jg sdh sampai d email.. .. seperti artikel ini saya ingin sekali ngeprint nya…

    jazakallahu khair katsira
    wassalam,, 🙂

  2. tdk brhasil mas brow…

    Coba lagi pelan-pelan, karena tahapannya agak panjang. Saya berhasil kok mengikuti langkah tersebut.

Tinggalkan Balasan

