Cara Mudah Perkalian Lebih dari Dua Matriks dengan Add-In Matrix (Seri Matrix bag.7)


Dalam fungsi Excel, perkalian matriks hanya dapat dilakukan untuk dua matriks saja, yaitu dengan fungsi =MMULT. Jika Anda ingin mengalikan tiga atau lebih matriks, maka harus dilakukan perkalian secara berulang. Tulisan kali ini akan memberikan cara praktis untuk mengalikan lebih dari tiga matriks sekaligus.

Misalnya kita punya tiga matriks yaitu matriks A, matriks B dan matriks C. Sebagai latihan, lihat gambar di bawah ini. Matriks A sebagai matriks 3×3 (tiga baris tiga kolom) kita tempatkan di range B4:D6, matriks B sebagai matriks 3×2 kita tempatkan di range F4:G6 dan matriks C sebagai matriks 2×4 kita tempatkan di range I4:L5.

 

Sekarang kita ingin mengalikan ketiga matriks tersebut yaitu AxBxC.

Dengan memanfaatkan fungsi = MMULT di Excel, langkah yang kita lakukan adalah mengalikan A dengan B. Kemudian hasil kali tersebut, baru kita kalikan lagi dengan C.

Mari kita coba. Sekarang letakkan pointer anda di sel B11. Kemudian ketik rumus =MMULT(B4:D6,F4:G6). Akan keluar satu angka hasil perkalian (dalam kasus kita adalah 324). Selanjutnya, blok sel worksheet sebanyak 3 baris 2 kolom atau rangeB11:C13 (dalam kasus kita. Kenapa? Lihat aturan perkalian matriks), dimulai dari angka hasil pertama tersebut. Tekan F2, emudian tekan tombol  CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER. Akan keluar hasil perkalian matriks AxB.

Selanjutnya kalikan hasil tersebut dengan matriks C. Tempatkan pointer anda di sel F11, kemudian ketikkan rumus =MMULT(B11:C13,I4:L5). Akan keluar satu angka hasil perkalian (dalam kasus kita adalah 3456). Selanjutnya, blok sel worksheet sebanyak 3baris 4 kolom atau range F11:I13, dimulai dari angka hasil pertama tersebut. Tekan F2, kemudian tekan tombol  CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER. Akan keluar hasil perkalian matriks AxBxC. Lihat tampilan di bawah ini.

 

Cukup repot bukan ? Apalagi kalau jumlah matriks yang dikalikan cukup banyak.

Tetapi, ada cara praktis, dimana dengan satu kali pengerjaan, anda bisa mengalikan lima matriks sekaligus (memang batas maksimumnya hanya lima, kalau lebih terpaksa harus berulang juga), yaitu dengan menggunakan fasilitas dari Add-ins Matrix.

Caranya ?

Sekarang, tempatkan pointer anda di sel F17. Kemudian ketikkan rumus berikut =MProd(B4:D6,F4:G6,I4:L5). Tekan F2, kemudian tekan tombol  CTRL dan SHIFT. Tahan dan tekan ENTER. Akan keluar hasil perkalian matriks AxBxC, persis seperti cara pertama tadi.

Tapi, sekali lagi perlu diingat, fungsi =MProd tersebut hanya akan berlaku jika anda sudah menambahkan Add-ins Matriks pada program Excelnya. Lihat tulisan mengenai hal tersebut di sini.

 

7 Tanggapan

  1. SALAM HORMAT
    Pak maaf mau tanya cara ngerumus biar tidak manual
    jika seumpama
    di kolom A ada 7 baris dan setiap baris ada angka
    di kolom b ada 7 baria dan setiap baris ada angka
    jika di jumlah
    =((a1*b1)+(a2*b2)+(a3*b3)) dst
    kalo di bikin simple gimana pak?
    terima kasih

  2. Tanya pak, gimana cara copy rumus (sorot trus drag) di excel supaya mudah. nilai di satu sel hendak dibagi dengan nilai beberapa sel masing-masing. Misal. di A1 dibagi B1, A1 dibagi B2, A1 dibagi B3 dst
    Masalahnya kalau dibuat dg rumus =A1/B1 trus di sroll yg terjadi, kolom di bawahnya malah A2/B2, A3/B3 dst…tolong ya pak..kalo bisa dikirim via email saya wahyunot@gmail.com. Makasih banyak..
    Salam….

  3. mana contoh scriptnya ??????

  4. makasih… jadi bisa ngerjain tugas nih… muach…

    Ya, sama-sama

  5. thank buat pengetahuannya

  6. Oooooo ternyata bisaa tho… Saya yang kul di Matematika malah nggak tahu 😀

  7. Pak makasih buat ilmunya…
    dari sini saya mudah memahami tentang perhitungan
    matrik di excel.
    saya mau menanyakan tentang pembagian antara matrik dengan matrik gimana caranya?
    Terimakasih banyak PAk…

    Meskipun antar matriks bisa dikalikan, dikurangi atau dijumlahkan (dengan persyaratan tertentu), tetapi pembagian antar matrik tidak bisa dilakukan. Jadi tidak seperti pada bilangan biasa.
    Kenapa ?
    Untuk bilangan biasa, misalnya bilangan a dan b, pembagian a/b bisa dinyatakan dengan cara ab-1 atau b-1a. Hasilnya akan sama. Tetapi untuk matriks, misalnya B-1 yang merupakan invers matriks B, misalnya jika kita membagi matriks A terhadap B, A/B, yang dinyatakan dengan A B-1 . hasilnya akan berbeda dengan jika kita menyatakan B-1 A (atau bahkan sesuai dengan persyaratan perkalian, mungkin tidak bisa dilakukan). (Catatan: baca -1 sebagai bentuk superscript)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: