Hati-Hati Ber E-mail, Hati-Hati juga Nge-blog


Kompas hari ini (Senin 17 November 2008), memuat berita mengenai ditahannya pemasar dari PT. Bahana Securities berinisial EJA, dalam kasus menyebarkan e-mail yang berisikan rumor tentang sejumlah bank kesulitan likuidasi. E-mail ini dikirimkannya kepada para klien, dan akhirnya tersebar luas. Pihak BI dan bank yang disebut-sebut dalam e-mail tersebut melapor ke polisi, karena dikhawatirkan informasi yang tidak benar tersebtu akan menyebabkan rush atau kekacauan.

Ini mudah-mudahan dapat jadi pelajaran berharga bagi kita semua. Selama ini, terdapat kecenderungan pengguna e-mail seakan-akan merasa memiliki kebebasan yang sebebas-bebasnya, sehingga seringkali isi e-mail yang disebarkan berbau fitnah, SARA dan merugikan kepentingan pihak lain secara individu maupun kepentingan masyarakat luas. Ingat, sekarang sudah ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang bisa menjerat pidana orang-orang yang menyebarkan e-mail semacam itu, termasuk juga orang yang mem-forward (meneruskan) e-mail tersebut.

Nah, dalam konteks UU ITE ini, kita juga harus hati-hati dalam ngeblog, karena blog juga bagian dari informasi elektronik yang tercakup dalam definisi UU ini.  Jangan sampai postingan dalam blog kita mengandung unsur fitnah, SARA dan merugikan kepentingan pihak lain secara individu maupun kepentingan masyarakat luas.

Dalam pengamatan, kerap kita temukan postingan blog yang hanya sekedar mengejar traffic pengunjung belaka tanpa memperhatikan aspek-aspek di atas. Bahkan kadang-kadang tanpa lagi mempertimbangkan unsur manusiawi. Dalam contoh, saya pernah menemukan blog yang berisikan foto dengan judul “Pilot Pesawat Adam Air yang Jatuh”, ternyata gambarnya adalah orang dari Papua yang memakai koteka sedang berpose di kokpit pesawat. Bukan orang Papua yang memakai koteka yang menjadi persoalan, karena mereka adalah bangsa kita. Tetapi, bayangkan bagaimana perasaan keluarga pilot yang meninggal dengan olok-olok tersebut.

Banyak contoh lain yang mungkin juga anda temukan. Karenanya, mulai sekarang, marilah kita berhati-hati dalam ber-email. Juga hati-hatilah dalam nge-blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: