Iklan

Mengapa Saya Nge-Blog


Hari ini, tepatnya tanggal 17 Mei 2009, blog ini sudah berusia 1 tahun 1 bulan 4 hari. Blog ini mulai saya bangun pada tanggal 13 Mei 2008.

Alhamdulillah, meskipun pengunjungnya tidak terlalu banyak, tetapi cukup menggembirakan bagi saya. (terutama karena topik utama blog ini yang biasanya tidak disukai orang; hitung menghitung) Tercatat sampai hari ini jumlah pengunjung (unique visitor) mencapai 18.012 orang, dengan total klik pengunjung terhadap tulisan-tulisan yang ada mencapai 35.631 kali. Awal-awalnya jumlah klik pengunjung perhari memang tidak terlalu banyak (masih di bawah 100), tetapi  terutama dalam dua bulan terakhir melonjak cukup pesat mencapai diatas 250 klik perhari.

Mengapa saya nge-blog (maksudnya ikut-ikutan membuat blog) ? Bukankah hanya akan membuang-buang waktu  tanpa hasil materi yang jelas bahkan tidak ada ?

Memang, tidak ada hasil materi yang diperoleh di blog ini. Apalagi di wordpress, yang tidak bisa dipasangi iklan (kalaupun bisa dipasangi iklan, hasilnya juga saya rasa tidak akan memadai jika dibandingkan waktu yang terpakai untuk merawat blog ini). Tetapi, saya memperoleh banyak hasil yang bersifat non-materi. Apa itu ? Kepuasan karena dapat berbagi pengetahuan dengan yang membutuhkannya. Dan itu, tentunya tidak bisa dinilai dengan uang

Selain itu, melalui blog ini ternyata saya juga mendapatkan banyak dorongan dan pengetahuan-pengetahuan baru yang disumbangkan melalui pemikiran-pemikiran dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan diberikan oleh pengunjung blog ini. Ini dikarenakan, secara tak sengaja, blog ini telah menjadi ajang diskusi kecil-kecilan, terutama mengenai topik-topik yang terkait dengan ekonomi, kependudukan dan pendekatan kuantitatif. Sampai hari ini, terdapat 208 komentar (respons) terhadap tulisan-tulisan dalam blog ini yang memicu diskusi tersebut. Alhamdulillah, diskusi tersebut telah melibatkan mulai dari pelajar-pelajar sekolah menengah, mahasiswa, dosen, guru-guru sekolah menengah, bahkan juga pegawai swasta, pegawai negeri dan penggiat LSM.

Sebagai penghargaan terhadap para komentator, dan juga agar diskusi kecil-kecilan tersebut dapat menambah (dan dapat ditambah) wawasan kita bersama, seluruh komentar dan jawabannya dipostingkan dalam tiga postingan. Silakan klik berikut ini:

Bagian 1 Bagian 2Bagian 3

Ok, marilah kita sama-sama nge-blog. Marilah kita sama-sama berbagi.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Setuju, Pak. Membuat blog adalah salah satu cara agar otak kita tetap berpikir aktif. Materi nanti bisa menyusul kemudian. Banyak pengelola blog yang pendapatan perbulannya lumayan besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: