Mengedit Output Piramida Penduduk dari SPSS


Pada tulisan sebelumnya, kita sudah membahas cara membuat piramida penduduk dengan SPSS. (Unuk memahami tulisan ini, lihat tulisan sebelumnya). Baca juga tulisan ini

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas cara mengedit tampilan piramida penduduk dari SPSS. Hal ini diperlukan karena terkadang seting dan tampilan output piramida penduduk yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. (tetapi tergantung dari setingan SPSS nya, sering juga tampilan outputnya sudah memadai sehingga tidak perlu diedit lagi)

Salah satu contoh output piramida penduduk dari SPSS yang kurang menarik tersebut sebagai berikut:

edit1

Tentunya tampilan diatas kurang menarik untuk disajikan. Oleh karenanya, pada latihan kali ini kita akan mencoba membuat beberapa perubahan untuk mempercantik tampilan tersebut. Fokus pembahasan kali ini adalah membuat batang grafik menjadi tersambung satu sama lainnya (sebagaimana umumnya piramida penduduk), serta merubah warna dari batang grafik tersebut.

Untuk kepentingan ini, pertama-tama, kita munculkan terlebih dahulu Chart Editor dari SPSS. Caranya, klik double pada bidang output grafik ( di daerah kosongnya), maka akan muncul menu window Chart Editor dengan pilihan-pilihan yang bisa digunakan untuk mempercantik grafik.

edit2

Klik satu kali pada salah satu bar (batang) dari piramida tersebut, sehingga akan menjadi seperti berikut:

edit3

Perhatikan, kalau caranya pas, maka setiap batang grafik akan dilingkari garis berwarna hijau.

Selanjutnya klik Edit > Properties. Akan muncul tampilan Properties, dan selanjutnya klik Bar Options. Lihat tampilan dibawah ini:

edit4

Perhatikan pada tampilan diatas. Width Bars dalam posisi 10%. Jika kita tambah lebar persentase tersebut, maka batang piramida penduduk kita juga akan menjadi semakin lebar. Agar batang piramida saling bersambung, jadikan width bars 100%, dengan cara mengetikkan angka 100 pada kotak 10 dari tampilan diatas. Setelah itu klik Apply.

Dengan cara ini, output piramida akan menjadi sebagai berikut:

edit5

Meskipun batang piramida sudah tersambung, output ini juga masih kurang menarik. Sekarang kita lanjutkan editing untuk merubah warna dari batang piramida penduduk. Kita akan membuat warna berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Caranya adalah:

Klik menu Fill & Border, akan muncul tampilan berikut:

edit6

Klik satu kali batang  piramida pada bagian penduduk laki-laki. Kemudian klik Fill dan pilih warna yang tersedia (dalam contoh ini diambil warna merah). Kemudian klik kotak Border dan pilih warna yang tersedia (dalam contoh ini diambil warna hitam). Selanjutnya klik Apply.

Lakukan dengan cara yang sama untuk batang piramida penduduk pada bagian perempuan. (dalam contoh ini kita pilih Fill warna hijau dan border hitam). Setelah itu close dan klik tanda X yang ada disudut kanan atas.

Output piramida penduduk akan menjadi lebih cantik seperti dibawah ini.

edit7

Ok, sekian dulu tulisan ini. Selamat berlatih.

Satu Tanggapan

  1. Isi Menarik dan Bagus dan Simpel bisa bantu orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: