Keanehan Perhitungan Excel


Ketika saya ingin menentukan nilai kuartil dari suatu kumpulan data, saya menemukan keanehan dalam perhitungan yang dilakukan Excel. Keanehan itu tidak hanya karena hasilnya berbeda dengan haril penggunaan rumus perhitungan kuartil pada buku-buku standar statistik, tetapi juga karena hasil yang diberikan Excel berbeda dengan perhitungan software-software statistik lainnya.

Untuk membuktikannya, kita coba dengan angka sederhana. Silakan saudara inputkan angka 1 sampai 17 dalam worksheet Excel. Angka tersebut misalkan diinput mulai dari sel B1 sampai B17 (range B1:B17).
Kemudian pada sel D1 ketikkan rumus berikut: =QUARTILE(B1:B17,1). Ini rumus untuk mencari kuartil pertama (Q1)
Pada sel D2 ketikan rumus berikut: =QUARTILE(B1:B17,2). Ini rumus untuk mencari kuartil kedua (Q2=median)
Pada sel D3, ketikan rumus berikut: =QUARTILE(B1:B17,3). Ini rumus untuk mencari kuartil ketiga (Q3).
Kita akan mendapatkan nilai Q1 = 5, Q2 = 9 dan Q3 = 13.
Karena angka-angka yang kita inputkan (untuk memperjelas kasusnya) adalah angka yang juga sesuai dengan urutan data, hasil ini juga berarti bahwa Q1 terletak diurutan ke 5, Q2 pada urutan ke 9 dan Q3 pada urutan ke 13.
Yakinkah Anda pada hasil ini ?
Kalau menggunakan rumus standar di beberapa buku statistik, untuk menentukan urutan kuartil adalah sebagai berikut: (dimana n adalah banyaknya data = 17)
Q1 = 1(n+1)/4 = 1(17+1)/4 = 4,5
Q2 = 2 (n+1)/4 = 2(17+1)/4 = 9
Q3 = 3(n+1)/4 = 3(17+1)/4 = 13,5
Kemudian coba inputkan angka yang sama pada software statistik yang lain. Disini, saya coba input ke Minitab, dan saya mendapatkan nilai Q1 = 4,5, nilai Q2=9 dan nilai Q3=13.5. Artinya, dengan menggunakan program Minitab, hasilnya menunjukkan bahwa Q1 terletak di urutan ke 4,5 (antara data ke 4 dan ke 5), Q2 pada urutan ke 9 dan Q3 pada urutan ke 13,5.
Hasil Excel ternyata hanya sama dengan Minitab dan rumus diatas dalam penentuan Q2 (median), tetapi berbeda ketika menentukan nilai Q1 dan Q2.
Saya pikir, saya salah mengoperasikan Excel sehingga hasilnya bisa berbeda. Tetapi ketika dicari pada fungsi Help Excel, saya mendapatkan contoh yang digunakan Excel dalam menjelaskan perhitungan kuartil sebagai berikut:(sengaja aslinya saya potretkan)
Dengan contoh data tersebut, dinyatakan bahwa kuartil pertama nilainya adalah 3,5. Padahal dengan menggunakan Minitab, nilai Q1 = 2,5.
Dengan menggunakan rumus sebagaimana yang dikemukakan diatas, letak Q1 = (8+1)/4 = 2,25. Angka pada urutan kedua adalah 2 dan pada urutan ketiga adalah 4, sehingga nilai Q1 = 2 +((4 – 2) x 0,25) = 2,5.
Sayangnya dalam menu Help Excel, tidak dicantumkan rumus yang digunakannya (hanya contoh seperti diatas). Karenanya, ada yang bisa membantu atau berkomentar mengapa terjadi perbedaan tersebut ?

2 Tanggapan

  1. bingung pak…

  2. bingung mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: