Sekilas Mengenai SPSS


Kemajuan di bidang komputer saat ini, khususnya software aplikasi statistik, telah membuat pengolahan data statistik menjadi mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Karenanya, saat ini aplikasi statistik dalam pengolahan data tidak lagi menjadi hal yang menakutkan. Banyak persoalan statistik yang kompleks , yang dahulu tidak mungkin dikerjakan secara manual, sekarang bisa diselesaikan secara cepat dengan program statistik.
Dari berbagai software statistik yang ada saat ini, SPSS adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan pemakai di seluruh dunia. Berdasarkan pengalaman praktek, menurut penulis ada tiga aspek yang menyebabkan SPSS menjadi software statistik yang terkenal
1. Rancangan menu dalam penginputan dan pengolahan datanya sangat “user friendly”, sehingga dengan mudah dapat dipelajari hanya dengan membaca buku panduan yang banyak tersedia di toko-toko buku. Bahkan tanpa buku panduan pun dapat dipelajari, jika anda mampu membaca fungsi “help” yang disediakan software ini.
2. Kemampuan “spreadsheet” nya, yang memungkinkan kita untuk mengolah data dalam jumlah yang besar secara cepat dan mudah. Ini menyebabkan SPSS lebih unggul dalam mengolah data hasil penelitian survay dibandingkan software-software statistik lainnya.
3. Sejak pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford (Norman H. Nie, C. Hadlai (Tex) Hull and Dale H. Bent), SPSS telah berkembang sedemikian rupa dengan menambahkan berbagai fasilitas pengolahan statistik yang beragam, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut. (Catatan: Versi terakhir dari SPSS saat ini adalah versi 17)
Namun demikian, meskipun SPSS sudah dirancang secara “user friendly”, untuk menguasai berbagai fasilitas yang tersedia pada program ini tentunya tetap memerlukan banyak praktek dan latihan, dengan berbagai variasi persoalan. Oleh karenanya, tulisan-tulisan dalam seri SPSS yang dimuat dalam blog ini sengaja dirancang dalam rangka mengembangkan kemampuan praktis dalam penguasaan SPSS.  Tulisan-tulisan tersebut didasarkan pengalaman praktek dari penulis.

3 Tanggapan

  1. Assalamualaikum.
    Pak Efendi, saya minta ijin untuk mengambil beberapa tulisan bapak untuk pelengkap modul praktikum Statistika di kampus saya, Fakultas Pertanian Unsyiah.
    Terima kasih.

    • Maaf, maksud saya Pak Junaidi.
      Terima kasih

      Silakan Pak. Saya merasa senang

  2. ko kata-katanya sama ya dengan blog ini:
    1. http://tip-trik-spss.blogspot.com
    2. http://farthanet.wordpress.com

    yang original yang mana tulisannya sebenarnya ya? jadi bingung…., atau pemilik blog tersebut sama?

    blog http://tip-trik-spss.blogspot.com itu memang milik saya. Tapi yang http://farhanet.wordpress.com bukan. Maaf, saya lupa memberikan keterangan pada blog saya tersebut.
    Untuk blogger lainnya, silakan mengutip tulisan di blog ini, tetapi disarankan untuk menyebutkan sumber aslinya sehingga pembaca seperti Sdr. Abdul ini tidak bingung.
    Untuk Sdr. Abdul, trims koreksinya. Akan diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: