Pengenalan Program Ordi: Transformasi Data Ordinal ke Interval


Menurut tingkatannya, data secara berurut dari skala terendah ke tertinggi adalah data nominal, ordinal, interval dan ratio. Dalam penggunaan alat analisis, umumnya ditentukan skala minimal dari data yang dibutuhkan. Namun seringkali data yang dimiliki tidak memenuhi persyaratan tersebut. Misalnya, data yang dimiliki berskala ordinal, sementara persyaratan alat analisis membutuhkan data dengan skala minimal adalah data interval. Dalam kondisi tersebut, perlu dilakukan transformasi data dari skala ordinal ke interval.

Program Ordi merupakan program dalam bentuk add-in Excel yang dirancang untuk tujuan mentransformasi data dari skala ordinal ke skala interval. Ordi Versi 1.0 ini dapat beroperasi pada lingkungan Microsoft Office Excel 2003 dan 2007 . Metode transformasi yang digunakan dalam program Ordi ini adalah method of successive interval (Hays, 1976)

Program Ordi ini dapat berjalan dalam satu kali operasi perhitungan dengan jumlah observasi per variabel mencapai 1000 observasi dan jumlah variabel sampai 90 variabel. Berdasarkan pengujian yang  dilakukan dengan menggunakan komputer (laptop) Acer Aspire 4520 (AMD Turion 64 x 2), dengan jumlah variabel 90 dan masing-masing variabel memiliki observasi sebanyak 1000, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik.

Selain itu, Program ORDI ini juga dapat mengakomodasi/menghitung transformasi data ordinal dalam kasus terdapat kategori yang tidak terisi. Misalnya, jika skala ordinal yang kita punya adalah 1 – 7, tetapi terdapat kategori yang tidak terisi pada kategori 5 atau yang lainnya. (Silakan baca lebih lanjut, lanjutan penjelasan mengenai persyaratan kategori tidak terisi ini pada seri tulisan ini)

Pengoperasian Program ORDI juga sangat mudah, dengan tampilan program seperti dibawah ini:

Tertarik dengan program ini ? Silakan klik disini. Atau jika Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai program Ordi, silakan baca terlebih dahulu tulisan-tulisan berikut:

Cara Menginstal Program Ordi

Cara Menjalankan Program Ordi

Persyaratan Input Data Ordi

Cara Membaca Output Ordi

Pesan-Pesan Kesalahan Program Ordi

Cara Uninstal Program Ordi

Cara Memperoleh Program Ordi

35 Tanggapan

  1. assalammualaikum pak

    saya berminat untuk menggunakan program ORDI apakah masih available pak
    Mohon dibalas ya pak, karena akan segera di pakai

    Terima Kasih
    Salam
    Agus

    Masih tersedia

  2. Pak… software ordi ini bisa dipakai di excel 2010 gak?

    Bisa, saya juga pakai excel 2010.

  3. Assalamualaikum pak Junaidi, saya tertarik dengan program ini, karena saya juga ngajar statistik dan ekonometrika, saya mau pesan program dan bukunya, bagaimana caranya. Oh ya pak apa pak Junaidi dulu sekolah di SD 73/74 Sawahan Jati? Saya juga alumni di sana. Trims Helmayuni

    Benar sekali. Wah, ketemu juga kawan yang dicari-cari selama ini. Sudah dikirimkan emailnya, dibalas ya sekalian alamat rumahnya. Nanti dikirimkan buku tesebut

  4. Bapak saya mau pesan program ORDI, harganya berapa dan saya transfer kemana? trims
    Yesi

    Caranya lihat dihalaman https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/04/15/cara-memperoleh-program-ordi

  5. pak, gimana caranya menghitung besarnya peningkatan nilai pretest dan posttest dg spss, kalau dg rumus sy bsa tp dg spss sy belum bisa. sblmny trm ksh..

  6. Pak Junaidi,saya sudah mentranfer dana sebesar Rp50.118 untuk pembelian program ORDI, dengan no rekord 9903 tanggal 30/05/2012 jam 12.25. mohon dapat dikirim secepatnya. terima kasih

  7. ass, pak, saya berminat dg program ini,, adakah alamat email bpk/no handphone yg bisa saya hubungi sekiranya saya sudah transfer? kalau iya,saya tunggu balesannya di email saya lestarimuhammad@gmail.com, trimakasih sblmnya..
    salam. 🙂

  8. Pak saya mau programnya
    transfer kemana ya? trims b4

    silakan transfer ke Bank BNI No. Rekening 0097736151 a.n. Junaidi

  9. Assalamu’alaikum…,
    Pak, saya sudah transfer untuk program ORDI Rp. 50.099 tanggal 21/01/2012 Pkl. 20:04. Ditunggu yach pak program ORDI secepatnya. Insya Allah kalau tidak di undur sidang skripsinya tanggal 19/02/2012.
    Terima kasih.

    Terimakasih. Program sudah saya kirim

  10. mohon segera dikirim program Ordi……..transfer tanggal 30 nop 2011, jam 17.22 WIB sebesar Rp. 50.019

  11. pa’ gimana cara dapetin program ORDI…..?????? mepet nih pa’ buat bikin skirpsi…..

  12. pa’ gimana cara memperoleh program Ordi…mepet niih pa’ buat bikin skripsi……………………..

  13. Assalamu ‘alaikum wr wb…

    Mohon program Ordi bisa segera di email ke, transfer sudah dilaksanakan sebesar 50276 per 3 Oktober 2011.
    Saya sangat membutuhkan program ini untuk menghitung hasil penelitian Tesis, terima kasih atas kerjasamanya.

    Program ORDInya sudah dikirim. Terima kasih

  14. saya berminat bagaimana caranya

  15. aduh saya hisyam di tembilahan masih ada ngak program ordinya. gimana cara pesan dan transfer…………email, abul.haitsam@gmail.com

  16. Assalamu’alaikum,,Pak Junaidi hari ini Rabu 14/09/2011 pukul 13.52 saya telah melakukan transfer dana Rp. 50.111 untuk pembelian program ORDI, transfer dana via ATM BNI Cabang KLN Bintaro 2 No. Rekord 7219, mohon bantuannya pak bisa dikirimkan segera programnya ke alamat email saya (rohani280210@gmail.com) atau (syahrul280210@gmail.com),,mengingat program tersebut sangat saya perlukan mohon bantuan Bapak bisa mengirimkannya segera,,Terima kasih..Wassalam

    Rohani

  17. ass..
    pak saya pesan program ORDI
    uang sudah ditransfer barusan menggunakan sms banking hari selasa tgl 28/06/2011 (09:26PM) Rp50.123,-
    mohon segera dikrim
    terima kasih….. :))

    Sdr. Futi. Program ORDI sudah dikirimkan. Terimakasih

  18. terimakasih pak….program ordi sudah sy download

    Ya, sama-sama

  19. maaf pak, mohon program ORDI nya diimel hari ini ya….terimakasih

  20. Ass., wwb
    Saya mau pesan ORDI 1.0
    Uang saya transfer hari Minggu 05 Juni 2011 Rp.50.178,-
    Terimakasih wa salam wr., wb!

  21. pak saya sudah transfer mohon segera kirim ordinya dan mohon maaf mohon info atau ajwaban dari pertanyaan saya di pesan, terima kasih

  22. Assalamu’alaikum wr wb..
    Salam kenal sebelumnya, mohon izin untuk nimbrung…perkenalan dulu saya SONHAJI dari http://www.pengurasWCtanpasedot.wordpress.com ,saya telah membaca beberapa tulisan di blog anda sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi diriku yang newbi ini. Saya akan berkunjungi lagi jika ada tulisan baru. Dan saya berharap adanya kunjungan ini bisa selalu silaturrahim, memperbanyak teman bahkan saudara, terimakasih ya atas respon positifnya.
    Wassalamu’alaikum WR WB

  23. ass. pak junaidi..
    bp,saya sdg mengolah data dengan menggunakan analisis jalur, dan data harus ditransform k interval.
    saya sudah memesan ordi dan telah saya terima.
    yang saya bingungkan apakah untuk mentransform dilakukan pd setiap indikator?
    jika tidak, bgmn caranya?
    penelitian saya terdiri dari 4 variabel (3bebas, 1 terikat), msing2 var memiliki sub var lebih dr satu dan masing2 sub var memiliki beberapa indikator(pernyataan dlm keusioner).
    mohon jawabannya pak,terima kasih.

    Ya, benar mbak. Yang ditransformasi adalah masing-masing indikator.

  24. setahu saya, kebutuhan untuk pentransformsian data itu tidak harus selalu dipaksakan dengan merubah skala. nominal atau ordinal skala paling rendah atau paling sederhana seharusnya dicari alat analisa yang sederhana pula. misal untuk deskriftif bosan dengan presentase lakukan corespondensi itu akan lebih powerful dalam menjelskan data. jika data rasio atau onterval bisa di lanjutkan dengan deskripsi biplot misalnya. tidak harus lompat mentransformasi demi mengejar alat analisa yang syaratnya terlalu dipaksakan. ingat membunuh tikus itu tidak harus dengan meriam. logika saya berfikir masih logic dan relevan bila kita melakukan pengkategorian dari skala yang tinggi ke yang lebih sederhana untuk kemudahan analisa bukan malah sebalknya. contoh dari skala interval atau rasio dibuat pengelompokan. contoh untuk umur, penghasilan dsb data. mungkin itu saja yang menjadi keganjilan saya melihat program ini. thanks.
    wawan sanwani. M.Si.

    Dalam statistik banyak sudut pandang yang berbeda, dan masing-masingnya punya logika yang sama-sama benarnya. Bahkan untuk alat analisa yang sudah fix dan umum digunakan orang juga, masih terdapat perbedaan pendapat.
    Saya setuju dengan Pak Derawan bahwa kita tidak harus selalu memaksakan diri untuk merubah skala data dalam mengejar alat analisa. Dalam penelitian, bukan alat analisa yang menjadi sasaran kita, tetapi pemecahan masalah penelitian itu sendiri. Tetapi ada situasi-situasi, dimana kita terpaksa harus mentransformasi skala data (sekali lagi bukan karena faktor mengejar alat analisis).
    Saya setuju dengan mereka yang berpendapat tidak perlunya mentransformasi skala data, dengan logika-logika yang dikemukakannya. Saya juga setuju dengan mereka yang berpendapat tidak masalah kalau kita mentransformasi skala data, tentunya dengan logika-logikanya juga. Karena memang “rimba statistik” itu sangat lebat.
    Salam
    Junaidi

  25. aku tertarik dengan program ordi, bisa pesan pak.

    Bisa. Silakan isi formulirnya. Akan dikirim secepatnya

  26. ass…
    bpk punten saya pesan ORDI 1.0
    uang sudah saya transfer pada tanggal 11/12/2010 pada pukul 10.50 wib sebesar Rp. 50.418,-. mohon secepatnya dikirim pak… karena waktu penyelesaian tesis saya sangat mepet…terima kasih sebelumnya.

    wasalam
    wisnu

    Sdr. Wisnu. Program ORDI nya sudah dikirimkan ke alamat emailnya.

  27. mana kiriman ordi saya pak udah lama nih sudah satu bulan transfer 08 oct 2010

    Sdr. Riski
    Program ORDI sudah saya kirimkan sebanyak tiga kali pada tanggal 8 Oktober 2010 (dua kali kirim) dan tanggal 16 Oktober 2010. Ada tiga alamat email yang berbeda yang Sdr berikan dan saya sudah coba kirimkan ke semua alamat tersebut.
    1. alamat email pada formulir pemesanan pertama
    2. alamat email pada formulir pemesanan kedua
    3. alamat email yang tertulis pada pesan transfer
    Mohon cek email Sdr. (kemungkinan terkirim pada Spam nya). Jika belum juga diterima, mohon kirimkan alamat email yang tepat.

  28. Assalamu’alaikum Pak Junaidi. Apa kabar…???

    Wa’alaikum salam. Baik Pak. Gimana kabar Pak Suharto? Masih tetap eksis ngeblog ?

  29. ass.saya akan transfer dana Rp.50.125 hari ini selasa 3 juli 2010 untuk program ordi, semoga bs dikrm hr ini jg.tx

    Sdr. Rusman. Program ORDI sudah dikirim. Trims

  30. Pak, apakah program Ordi ini juga bisa dipakai untuk mentransformasi skala rasio ke skala interval?

    Di dalam skripsi saya ada salah satu hipotesis yang berbunyi : Willingness to Buy (WB) berhubungan posisitf dengan Product Ownership (PO). Data untuk WB berskala likert (interval); 7 point: STS, TS, ATS, N, AS, S, SS, sedangkan PO berskala rasio; 9 point; 0=tidak memiliki produk, 1=memiliki 1 buah kategori produk, 2=memiliki 2 buah kategori produk,….., 8= memiliki 8 kategori produk.

    Analisisnya saya menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Lisrel. Apakah harus melakukan tranformasi data yg skala rasio menjadi skala likert(interval)? (Di dalam sidang, kata dosen penguji skala rasio harus diubah menjadi skala likert (interval), tapi caranya tdk diberitahu secara detail). Bukannya skala interval dan rasio sama-sama skala metrik, jadi tdk perlu diubah. Kalo memang harus diubah, caranya gimana? Apakah bisa menggunakan program Ordi? Kalo bisa, saya akan membelinya. Terima kasih atas jawabannya

  31. ass…
    bpk punten saya pesan ORDI 1.0
    uang sudah saya transfer barusan (14/06/2010) pukul 20:40

    Mbak Marisa. Program ORDI telah dikirim melalui email. Terima kasih telah memesan.

  32. Ass., wr., wb.
    Saya mau pesan ORDI 1.0
    Uang saya transfer hari Senin 14 Juni 2010 Rp.50.131,-
    Terimakasih wa salam wr., wb!

    Silakan. Program akan dikirim secepatnya jika transfer sudah dilakukan

  33. mau tanya no contact yg bisa di hubungi bisa??

  34. aku tertarik dengan program spss ini, mengingat aku seorang guru untuk menganalisis ulangan harian perlu pragram baru, tolong kirimi ya. trim banget

    Maaf Pak. Program SPSS bukan program freeware, jadi saya tidak berani mendistribusikannya. Coba Bapak ke toko komputer di daerahnya. Mungkin ada solusinya.

    • ass..
      pak.., saya berminat dg program ini
      data saya menggunakan skala likert 1-7
      apakah program ORDI ini bisa untuk skala 1-7..?

      Bisa kok, Program ORDI dirancang sampai skala maksimal 10

Tinggalkan Balasan

