Iklan

Sensus Penduduk 2010 dan Kita


Besok, tepatnya tanggal 1 Mei 2010, Indonesia memulai hajat besar yang dilakukan sekali dalam sepuluh tahun yaitu “Sensus Penduduk”. Sensus Penduduk Tahun 2010 (SP2010) ini merupakan sensus penduduk modern yang keenam yang dilakukan di Indonesia.  Sensus-sensus penduduk sebelumnya diselenggarakan pada tahun-tahun 1961, 1971, 1980, 1990 dan 2000.

Dalam SP2010 akan diajukan sekitar 40 pertanyaan mengenai: kondisi dan fasilitas perumahan dan bangunan tempat tinggal, karakteristik rumahtangga dan keterangan individu anggota rumahtangga.

Data yang  diperoleh dalam sensus penduduk ini akan sangat berguna bagi bangsa kita dalam mengevaluasi hasil pembangunan selama ini serta sebagai dasar dalam perumusan perencanaan dan kebijakan kedepan.

Data yang salah akan menghasilkan perencanaan dan kebijakan keliru. Hal ini akan berdampak sangat luas bagi kesejahteraan bangsa kita kedepannya. Selain itu, kegagalan dalam memperoleh data yang baik dan tepat dalam SP2010 tidak saja akan menghasilkan dasar perencanaan yang salah arah, tetapi juga berarti telah menyia-nyiakan anggaran negara. Bayangkan besarnya anggaran untuk SP2010 ini. Pelaksanaannya mulai dari tahap persiapan sampai analisis hasil akhirnya akan berlangsung selama lebih kurang lima tahun (2008 – 2012). Pencacah yang dipekerjakan mencapai sekitar 600 ribu orang, belum termasuk petugas-petugas lainnya (input data, pengolahan data, analisis dsbnya). Ditambah lagi dengan biaya pencetakan daftar pertanyaan untuk sekitar 65 juta rumah tangga.

Oleh karenanya, dalam rangka ikut mensukseskan SP2010, pengelola blog ini mengajak kita semua (khususnya pengunjung blog ini), marilah ikut berpartisipasi aktif dalam bentuk memberikan jawaban yang tepat dan benar kepada petugas sensus yang akan mendatangi saudara. Mari juga kita berikan pemahaman kepada lingkungan sekitar kita tentang arti pentingnya SP2010 ini. Dan khususnya bagi saudara-saudara yang memiliki website/blog di internet, mari kita sosialisasikan SP2010 melalui media tersebut. Kita semua berkepentingan langsung terhadap hasil sensus ini.

Sekali lagi. Mari kita sukseskan Sensus Penduduk 2010.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: