Tip-Trik(2)


Halaman ini merupakan halaman ketiga dari daftar judul tip-trik sederhana, terutama menyangkut pada penggunaan program komputer untuk kepentingan pengolahan data. Silakan klik tulisan yang ada di halaman ini. Klik juga daftar tip-trik yang ada pada halaman pertama dan halaman kedua sebelumnya

4 Tanggapan

  1. pak..minta tutorial spss atau minitab untuk analisis cluster dengan metode single linkage dong buat tugas kampus.

  2. Ass. Wr. Wb. P. Jun. Salam kenal saya Mul.

    Sy sd menganalisis data dg variable independen (VI) 8 dan variable dependent (VD). Jumlah total indikator/ítems ada 35. Jumlah sample 150. Kata teman sy, itu tidak bisa dianalisis pake multiple regresi, krn samplingnya terlalu sedikit. Harusnya katanya minimal 175 karena 35 x 5).

    1. Benarkah demikian? Padahal jumlah sampling itu adalah purposive sampling (hanya orang yang pendapatanya dibawah 1 jt per bulan yang tinggal di pinggir pantai. Lainya pendapatanya diatas 1 juta). Sedangkan kalo menambah sample berarti harus cari daerah pinggir pantai yang berbeda. Padahal menurut buku2 asalkan diatas 30 bahakan 100, itu sudah “dianggap” data normal? Apakah harus begitu? Atau ada solusi?

    2. Untuk pengujian normalitas data, dari buku yg saya baca ada 3 cara melihat “normalitas” data.
    (a) Kolmogorov Smirnov- Non-Parametric (di spss: Statitic-nonparametric>Legacy>K-S 01) (Imam Ghozali, 2010). Data normal kalo SIG>0.05)
    (b) Kolmogorov Smirnov, Descriptive (di spss: Analyze>descriptive statistic>explore (Imam Ghozali, 2010). Data normal kalo SIG>0.05)
    (c) Skewness (di spss: Analyze>descriptive statistic>frequency). (Rohman 2010 dari ). Data normal kalo diantara -1 dan +1.

    Dengan menggunakan cara 1 dan 2 data tdk normal. Tetapi dengan cara yg ke 3 normal. Nilai skewness diantara -1 dan +1. Apakah saya boleh laporkan bahwa data saya normal?

    3. Dalam menganalisis multiple regresi, apakah perlu juga dilakukan analisa tentang korelasi? Lalu kalo ternyata ada variable yg tidak berkorelasi dan di hasil regresi significant, penjelasanya bagaimana?

    Trims. Pak. Wassalam Wr. Wb

  3. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Yth. Pak Junaedi…
    Salam dan hormat saya pada bapak sekeluarga…
    Perkenalkan saya Yaya Setiadi, dulu saya pernah bertugas cukup lama di BPS Prov. Jambi dan Alhamdulillah di sana pulalah Allah mempertemukan dengan jodoh saya. Tahun 1997 kami sekeluarga pindah tugas ke Jakarta sampai sekarang, bagi saya Jambi adalah kota yang indah sekaligus kampung halaman saya yang kedua.

    Allahu Akbar, ditengah-tengah keterpurukan bangsa saat ini saya masih mendapatkan orang seperti Bapak, yang dengan Ikhlas berbagi ilmu manfaat dan mashlahat. Saya banyak mendapat manfaat dari ilmu yan Bapak ikhlaskan. Semoga Rahmat dan barokah Allah SWT selalu menyertai Bapak sekeluarga, amiiin…

    wassalam,

    hormat saya

    Yaya Setiadi.

    Terimakasih Pak Yaya atas attensinya. Oh ya saya punya banyak teman di BPS Provinsi Jambi. Diantaranya Mainil Asni, Aidil Adha, Fauzi. Kapan mau main ke Jambi lagi?
    Doakan saya supaya tetap bisa berbagi ilmu ya Pak?
    Wassalam

    .

    • Alhamdulillah, terimakasih atas respon Bapak.
      Mereka semua kawan-kawan seperjuangan saya di Jambi dulu, ketika BPS belum begitu besar seperti sekarang. Bagi saya kesuksesan mereka adalah kebanggaan saya juga…
      Insya Allah, Lebaran 1433 H tahun ini kami sekeluarga akan bersiaturahim ke Jambi, kalau Bapak tidak keberatan Insya Allah kita bisa bersilaturahim nanti…
      Doa dan dukungnan saya untuk Bapak sekeluarga…

      wassalam,

      Yaya Setiadi.

Tinggalkan Balasan

