Jenis-Jenis Transformasi untuk Menormalkan Distribusi Data


Salah satu persyaratan yang umum dalam analisis dengan menggunakan peralatan statistik ataupun ekonometrik adalah data yang akan dianalisis berdistribusi normal. Namun demikian, seringkali data yang diperoleh tidak terdistribusi secara normal.

Bagaimana cara mengatasi jika data tidak normal?

  1. Periksa outlier data dan hilangkan data outlier tersebut.
  2. Perbesar sampel, jika sampel besar sekali maka data akan mendekati normal
  3. Lakukan transformasi data.

Tulisan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara mentransformasi data yang tidak normal. Banyak jenis transformasi yang bisa digunakan dalam menormalkan data. Hal ini tergantung dari bentuk distribusi awal data tersebut. Untuk mengetahui distribusi awal data dapat dilihat dari grafik histogram data.

Secara umum terdapat beberapa bentuk distribusi data yang dapat digambarkan sebagai berikut:

Selanjutnya, berdasarkan bentuk distribusi data tersebut, maka jenis-jenis transformasi yang bisa dilakukan diberikan pada tabel berikut:

5 Tanggapan

  1. malam pak saya mau tanya bagaimana cara menormalkan data spss yang telah di olah?

  2. Thanks ya atas infonya k Junaidi..saya akan coba untuk melakukan transformasi data agar normal..

  3. asslamu alaikum,,
    pak.. saya mau tanya,, skarang saya lagi skripsi tentang pengaruh komponen arus kas terhadap return saham. datanya itu nilainya ada yang positif dan negatif., cara menormalkannya itu pake cara yang gimana y..? mohon jawabannya… trimakasih..

  4. assalamualaikum pak. saya ingin bertanya, ketika saya melakukan regresi linear terjadi distribusi data yang tidak normal dengan bentuk diagram moderate positif. setelah saya lakukan transformasi dengan menggunakan SQRT, prosesnya tidak sempurna (tidak bisa dilakukan) hal ini dikarenakan data mentahsa ya (yang telah di ZScore) bernilai negative sementara syarat SQRT tidak boleh ada yang negative. Apa yang harus saya lakukan untuk menormal kan distribusi data tersebut. terima kasih.

  5. selamat sore, sy ingin bertanya apakah menormalkan data hanya terbatas pada fungsi2 diatas, apakah itu ketentuan>? karena saat saya coba masih tetap tidak normal, namun jika saya operasikan dengan fungsi2 dari cosinus seperti tan dan sin maka data saya dapat normal kembali, apakah ketentuan itu ada dan apakah fungsi cosinus bisa dipakai untuk menormalkan data.. Terma kasih banyak, tasa penjelasnnya.

Tinggalkan Balasan

