Buku Tamu

121 Tanggapan

  1. Terima kasih Bapak Junaidi, penjelasan mengenai add ins excel (dalam hal ini saya memperoleh manfaat dari tulisan di blog Bapak tentang add in Matrix).
    Terima kasih sudah berbagi ilmu, pengetahuan yang bisa membantu para pebelajar dari tidak tahu menjadi tahu dan bisa. Penjelasannya rinci, step by step mudah dimengerti. Terima kasih Pak wherever you are, hehe.

  2. Assalamualaikum pak..
    saya salah 1mahasiswi yg lg menyusun tugas akhir berjudul “Pengaruh earning, arus kas operasi, residual income, eva dan mva terhadap return saham..

    Setelah di uji data sy tidak normal..
    Di buang data yang outlier msih tdk normal..

    Setelah transformasi data dg ln sampel sy jadi berkurang 50karena data yang negatif..
    Hasilnya normal namun terjadi multikolinieritas..

    Bisakah sy mempositifkan data yang negatif baru di ln kan pak?
    Mohon pencerahan ny..

    Terima kasih

    Kalau banyak data negatif, sebaiknya menggunakan model transformasi lain untuk menormalkan data.

  3. Ass. maaf sy mau tanya bapak junaidi angkatan berapa pak ? sy angkatan 81. bakti setiadi sekarang dimana pak ?trims. effendi jauhari.

  4. Pak saya mau tanya tentang skripsi saya. Perhitungan manual menggunakan metode winter hasilnya kok nggak sama ya dengan perhitungan di minitab?? Mohon bantuannya pak. Trimakasih sebelumnya.

  5. Selamat siang, pak ingin menanyakan apakah missing data dalam anova diperbolehkan dalam data penelitian? karena dalam output N (jumlah data) jadi tidak seragam antar perlakuan, terima kasih, mohon jawabannya

  6. Aslm Pak. Sy Yandri, teman seangkatan di PWD 2007 (S-2). Sejak lama blog ini sy kunjungi, namun tampaknya, baru kali ini saya memberi komentar.

    If you have much time, please invite my blog at: http://pyandri.wordpress.com/

    Thanks.
    Kind Regards

  7. Pak..tolong pencerahannya…
    Apa perbedaan Log data menggunakan Ms. Excel dengan Logaritma natural menggunakan SPSS?
    Karna hasil output Excel dengan SPSS jauh berbeda…

  8. Assalamulaikum pak,
    Saya tertarik dengan blog bapak, lain waktu saya akan berkonsultasi mengenai pengolahan data pada SPSS tesis saya,terima kasih.

  9. assalammualaikum pak.
    sebelumnya terima kasih atas blog bapak.
    saya mengalami kendala masalah mengolah data denngan model two step heckman dengan model probit di spss bagaimana teknik nya ya pak? mohon masukan dan informasinya ya pak

  10. Asslkm pak, sy sulaiman Mhsw BK. Pak, dimana tempat ambil sertifikat pelatihan Penulisan Karya Ilmiah kemarin. terima kasih pak

  11. Blog ini ini info2nya Sangat bermanfaat,
    Semoga bapak slalu membagi ilmunya…
    Ditunggu berita selanjutnya, salam…

  12. asskum… pak junaidi, sy yaldi pernh kuliah dg bpk di MM thn 2004. skrg sy sdg S3, bisakh bpk bantu sy dlm megasistensi utk pengolhn data menngunkn lisrel dg analisis jalur sampai intepretasi outputnya. sy punya data dg 5 variabel. mengenai biaya bisa kita bicarakn….

    • asss….mengenai olah data yg pernh sy ajukan ke bpk, sy coba belajar sendiri. Tp, ada masalah dn sy mhn bantuan penjelasan dari bpk;
      1. Awalnya sy olah (path analysis) dg lisrel 8.7, lalu hasilnya brupa output dn gambar model berhasil muncul. anehnya belakangan kok setiap file dari output dan gambar model ini tdk bisa dibuka bahkan hilang. Hal yg sama jg terjadi saat sy olah kembali dg Lisrel 8.80. Mengapa ya…?
      2. Bgm mengkonversi file output dan file gambar model ke dalam Microsoft Word….?

    • o ya pak.. sy minta no hpnya pak…

  13. salam kenal saja Pak

  14. ass. Pak Junaidi, saya punya data hasil regresi berganda menggunakan excel dengan nilai p value = 1,84E-17. ini maksudnya apa y pak dan bagaimana mengatasinya? terima kasih atas jawabannya pak.

    Itu artinya sama dengan 0.0000000000000000184. Nilai P value yang diharapkan (signifikan) itu biasanya di bawah 0,05. Artinya hasil yang didapatkan sudah sangat bagus

  15. mampir disini salam knal pa

  16. Asw.pak, saya mau tanya, tesis saya tentang rancangan perbaikan pelayanan customer service dng memperhatikan kualitas pelayanan eksternal dan internal. variabel dependennya kualitas pelayanan, variable independennya ada 2 kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan, kedua variabel ini sekaligus menjadi variabel dependen. kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel servqual sementara variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel intqual. Bisakah konsep ini menggunakan SEm dan diolah dengan Lisrel? mengingat ada 2 populasi di sini, yaitu pelanggan dan karyawan, yang masing2 diberi pertanyaan kuesioner yg berbeda. mohon pencerahaannya pak. Jika tidak bisa menggunakan SEM, sebaiknya apa yg saya pakai?
    tks pak.

  17. Asslm… Pak, apakah dlm blog Bpk ini ada penjelasan mengenai penggunaan software SAS? jika tidak ada mohon untuk memberikan penjelasan mengenai SAS krna saya ingin mengenal dan memahami lebih jauh tentang SAS dan mungkin bisa digunakan oleh teman2 yg lain. Trimakasih

  18. salam kenal Pak.

    Pak saya mau tanya, saya telah mendownload r tabel, tapi disitu untuk uji satu arah tidak ada untuk tingkat signifikansi 0.1.

    saya mau minta tolong berapakah r tabel untuk uji satu arah tingkat signifikansi 0.1 dan df=98?

    saya mengharapkan jawaban bapak dan terima kasih banyak

    • Pak saya tidak jadi bertanya, karena saya telah membaca artikel bapak yang lain tentang cara menghitung r tabel dgn spss atau exel.
      terima kasih banyak

  19. Trimakasih Pak Junaidi, artikel dan tips triknya sangat berguna sekali khususnya untuk topik2 sem. Best wishes u/ bapak dan keluarga!

    Regards,
    Maya

  20. sebelumnya terima kasih atas informasi di blog bpk yg sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas statistik. Salam Hormat saya. Andre Rangel Gomes

  21. Assalamualaikum

    Saya tertarik dengan tulisan bapak tentang analisis input-output. Saya ingin bertanya Pak, apakah bila kita sudah mengetahui elastisitas permintaan suatu barang (sektor) dan kita ingin melakukan analisis dampak dari perubahan barang tersebut bisa langsung di-shock di final demandnya?
    Misalnya elastisitas permintaan barang di sektor X = -0.54 lalu besaran final demand di tabel I-O = 100 juta. Bila terjadi kenaikan harga sebesar 10 %, apakah bisa langsung melakukan shock di final demand berdasarkan nilai elastistas tadi yaitu sebesar -5.4 juta (-5.4 juta = 100 juta x -0.54 x 10 %) atau tidak bisa langsung karena satuan di tabel I-O adalah nominal sementara perubahan dari elastisitas adalah kuantitas satuannya sehingga berbeda satuannya?

    Terima kasih
    Salam kenal,
    Maul
    Bandung

    Wassalamualikum

  22. assalamualaikum, maaf pak saya mau menanyakan, bagaimana cara menghitung pengganda dalam analisis I-O. jika kita melakukan shock (injeksi) di salah satu sektor ekonomi bagai mana perubahannya terhadap nilai tambah, pendapatan rumah tangga dan penyerapan tenaga kerja??
    wassalamualaikum
    Asep Bari Mukhlis
    Bogor

  23. pak mau tanya referensi untuk multivariat selain bukunya johnson yang kira2 lebih mudah untuk dipahami apa y pak… terimakasih

  24. Assalamu’alaikum Wr. Wb…pak saya butuh bantuan mendesak nih…saya bisa konsultasi langsung…gimana caranya? saya butuh pengolahan data dengan spss untuk regresi multinomial logit

  25. Salam kenal Pak Jun

    Saya Adi.
    Kalo diijinkan saya mau nanya (konsultansi) beberapa hal (walaupun sebenarnya banyak sekali). Sy skrg sdg “belajar” mengolah dan menganalis data ttg “faktor2 yang mempengaruhi kesiapan menghadapi banjir”: jumlah responden 150, 3 variable bebas (risk perception, critical awareness, self-eficaccy) dan 1 variable terikat (disaster preparedness), semuanyaya pake skala pengukuran interval (7 scale). Rencananya sy mau liat pengaruh (regresi). Stelah saya tes normalitasnya, ternyata hanya 1 variable (self efficacy) yg distribusi datanya normal. Sesuai buku2, stlh saya cek melalui grafik dan uji-Kolmogorv-Smirnov, saya lakukan transformasi data terhadap variable lainya. Setelah dicek dengan K-S lagi ternyata hanya ada satu variable yg berubah jadi normal. Sy sdh coba dengan semua “bentuk transformasi data berdsarakan bentuk grafik”, tetapi datanya tetap tidak bisa menjadi normal. Pertanyaan saya:

    1. Bagiamana caranya lagi, supaya data menjadi normal? Apakah hasil transformasi yg awal bisa ditransformasi lagi? Atau ada cari lain? Apakah membuang case yg outlier bisa membantu? Bgmn cara mengets outliner yg umum dan mudah?

    2. Apakah hal ini terkait dengan “manipulasi” data yg saya lakukan terhadap data missing. Ada beberapa data yg mising (kurang dari 1% per variable), kemudian data tsb saya isi dengan nilai berdsarakan rata2 nilai thdp variable yg missing tsb. Apakah hal ini sdh benar?

    3. Kalaupun terpaksa tdk bisa “dipaksakan normal”, kalau harus menggunakan analisis statistik non-parametrik, analisis apa yg harus sy gunakan, yaitu sesuai dengan awal tujuan analisis, untuk mencari pengaruh variable independen thd dependen. Yg saya baca, kalo menggunakan chi-square (non-parametrik), analisis data hanya dapat menjelaskan tentang “korelasi” bukan “pengaruh”. Apakah hal ini benar?

    Demikian Pak. Pertanyaan saya. Mohon maaf sebelumnya. Terima kasih atas bantuan Bapak.

  26. Mohon bantuan ttg Analisis Logistic Regression

    Salam kenal bapak….
    saya sdg skripsi.. & kmrn d’tanya ma dosen, ttg variabel x4 ???
    wald’y kn 15, 349 dg sig. 0,000
    dosen’y ragu “apa bnr sperti itu” klo nilainya sebesar itu signifikan ??
    saya bngung… mohon bntuan’y…
    trimakasih…

    Variabel B S.E. Wald df Sig.
    X1 0,066 0,050 1,708 1 0,191
    X2 0,171 0,744 0,053 1 0,818
    X3 0,581 0,349 2,767 1 0,096
    X4 – 0,014 0,004 15,349 1 0,000
    Constant 0,521 3,704 0,020 1 0,888

    interpretasi :
    Koefisien regresi penghasilan (X4) sebesar -0,014. Tanda negatif berarti mempunyai pengaruh yang berlawanan, artinya semakin besar penghasilan, maka probabilitas respon responden terhadap kualitas raskin semakin menurun 0,014 di bawah rata-rata. Nilai X2 Wald untuk variabel penghasilan keluarga (X4) sebesar 15,349 dan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05, artinya variabel penghasilan (X4) signifikan atau berpengaruh nyata terhadap respon responden. Hal ini dapat dimengerti karena semakin tinggi penghasilan akan semakin besar daya beli, sehingga semakin tinggi penghasilan maka keluarga tersebut mampu membeli beras yang kualitasnya jauh lebih baik dari standar raskin.

    kalau seperti ini benar ga pak ????
    Trimakasih pak..

    • jika sig. < dari alpha (0.05) maka H0 ditolak..
      H0 = (beta =0) variabel tidak berpengaruh terhadap model..

      penjelasannya dah bener..
      ~djaloed

  27. pak saya mu berteman, sekaligus berkonsultasi sama bapak tentang tugas akhir saya yang ada hubungannya dengan analisis keterkaitan antar sektor. boleh minta email bapak? atau yahoo id? facebook?

  28. pak saya mu berteman, sekaligus berkonsultasi sama bapak tentang tugas akhir saya yang ada hubungannya dengan analisis keterkaitan antar sektor. boleh minta email bapak? atau yahoo id? facebook?

  29. terima kasih bapak berkat blog bapak saya bisa lebih mengerti tentang statistik.

  30. Halloo junaidichaniago.wordpress.com members
    private kv und private krankenversicherung online vergleich
    [url=http://pkv-private-krankenversicherung-vergleich.info/]krankenversicherung beamter[/url]
    private pflegeversicherung vergleich

    Aaron

  31. assalamualaikum ,pak
    ijin untuk mendownload tabel f,r dan t
    terimakasih sebelumnya

  32. salam kenal pak, saya mau jadi temen di blogroll boleh ndak Pak?
    terima kasih

    Boleh. Tapi saya coba, alamat webnya kok “problem loading”?

  33. salam kenal, pak. tip-trik nya sangat membantu.

  34. Salam kenal buat semua yang hadir disini dan semoga sukses buat semuanya. http://www.belajaraffiliasi.co.tv/2011/03/harga-jual-blackberry-iphone-laptop.html

  35. Assalamu’alaikum pak

    sebelumnya saya mohon ijin karena telah menggunakan artikel bapak untuk menambah wawasan saya. terima kasih

  36. Asslm Pak
    Tulisannya membantu sekali
    Boleh dijadikan modul g Pak?
    Klo boleh, minta jg bio datanya Pak, biar dijadikan referensi modul (soalnya di blog g ada tentang Bapak)
    Jazakallah khairan katsiran
    Wassalam
    Dian F

  37. rolling well sir..get success trus

  38. Asslmmkm pak , pak masih di bogor ya pak, februari saya ke IPB kunjungan sm teman HIPOTESA IPB, saya pengen ketemu lagi kedua kalinya ,sebelum itu kita ketemu jg pak di ipb yang acara BEM Fe unja stdy tour ke ipb jg.

  39. assalamualaikum pak junaidi .
    saya mahasiswa fakultas ekonomi ilmu studi pembangunan (IESP) universitas jambi.
    saat ini saya dalam mengerjakan skripsi pak .
    saya terbentur dalam satu msalah metode analisis pak yg bernama kausalitas dan program microfit.
    mohon pak pencerahan dari bapak tentang metode tersebut .
    saya sangat bngung dalam memahami metode analisis data tersebut pak.mohon trik-trik pengunaan microfit 4.0 itu pak.
    trima kasih pak.

    • saya juga sedang bingung skrg menggunakan microfit,,untuk analisis kointegrasi dengan bound test ardl ecm yang katanya jg bisa menentukan arah kausalitas

  40. Assalamu’alaikum pak..
    mohon bantuannya, bgaimana cara menghutung t hitung jika respondennya sbnyak 40? dan apakah t hitung selalu lebih besar daripada t tabel? terima kasih sebelumnya…

    Cara menghitung t-hitung sepertinya ada dalam tulisan saya di blog ini. Atau coba cari di buku-buku statistik/ekonometrik. Umumnya ada.

  41. aswrwb. wah tulisan bapak junaidi bagus sekali. singkat, jelas, padat, dan sangat mudah dimengerti. Sangat bermanfaat bagi semua orang, khususnya bagi orang yang sedang memerlukan statistik. Terima kasih pak. Dengan bapak memberikan ilmu bapak kepada kami melalui blog ini, semoga allah swt membalas kebaikan bapak ini dengan surga jannatul firdaus. Amin

  42. salam kenal pak…
    blog yang sangat membantu…
    terima kasih pak..:)

  43. Assalammualaikum…🙂 selamat sore. salam kenal ya
    ini kunjungan pertama ane disini.
    kalo boleh tukeran link yuk.🙂
    ditunggu kabar baiknya ya🙂

  44. ada yg bisa bantu tidak ya?
    mohon bantu penjelasan masalah statistik untuk kasus berikut:
    Kuesioner
    ========================================
    No ! Ketererangan ! Rating ! Jumlah ! Jumlah !
    …… ! ! 1 ! 2 ! 3 ! 4 ! responden ! Nilai !
    ————————————————————————
    1 ! Kualitas Produk ! 2 ! 13 ! 10 ! ! 25 ! 67

    1=2, 2=13, 3=10, jumlah responden = 25, jumlah nilai =67
    yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mendapatkan nilai 67 kalo saya menggunakan excel ? waduh saya cari kok blm ketemu sampai pusing. makasih sebelumnya

  45. Hai,

    Konten di dalam situs Anda adalah menarik untuk dibaca dan kami berharap bahwa Anda mau mempertimbangkan kesempatan untuk bisa berbagi dengan kalangan pembaca dari media lain, yaitu kepada sejumlah pengguna ponsel dari Mobile Internet.

    Disini kami ingin memperkenalkan fitur “Mobilizer” yang kami miliki dimana fitur ini dapat merubah situs web yang mempunyai RSS atau atom feeds menjadi situs mobile tanpa diperlukan programming lebih lanjut.

    Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk memonetize traffic dan mendapat pendapatan dari mobile display advertising.

    Untuk kenyamanan Anda dan sebagai bahan ilustrasi, kami telah membuatkan account dan situs mobile Anda yang dapat langsung dilihat di http://buzzcity.mobi/junaidifeunja dan silahkan hubungi kami di mobibiz@buzzcity.com untuk info login dan panduan lebih lanjut.

    Semoga ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik diantara kita dan silahkan kunjungi situs kami di http://www.buzzcity.com.

    Terima kasih untuk waktu dan perhatiannya🙂

    Salam,
    Tim Mobilizer (Buzzcity)

  46. Blog yang luar biasa….syarat informasi spesifik statistik…pastinya sangat bermanfaat buat banyak orang

  47. salam kenal ya. thx

  48. barang ship….

  49. Salam.

    Pak Junaidi,

    Maaf kiranya mengganggu. Saya dari Malaysia. Mohon bantuan Bapak. Saya sedang membuat kajian tentang technology acceptance. Saya tidak faham gimana mahu mencipta variabel dummy bagi menerangkan variabel moderator dalam analisis regresi dan memasukkannya dalam program SPSS. Saya ada 5 variabel bebas (A, B,C, D, E) dan variabel bersandar (F). Semuanya dalam skala nisbah. Saya mahu melihat PENGARUH 3 variabel moderator (Jantina – ada 2 kategori bebas, lelaki dan perempuan; Umur – ada 5 kategori bebas, 50 tahun dan Pendidikan – ada 2 kategori bebas, tinggi dan menengah) yang berskala nominal ANTARA 5 variabel bebas (A, B, C, D, E) DENGAN variabel bersandarnya (F). Jadi gimana mahu menjadikan 3 variabel moderator tadi dalam bentuk dummy. Saya sudah cuba tapi rasanya macam tidak tepat sahaja. Bagaimana pula nak memasukkannya ke dalam program SPSS utk regression untuk variabel moderator, bebas dan bersandar. Saya harap Mas dapat membimbing saya untuk mencari jawapannya. Kerjasama Bapak amat saya hargai. Makasih.

  50. Ass. Pak junaidi…..saya mau minta pendapat bapak. sy sedang mengadakan riset kecil tentang dinamika kelompok, di mana didalamnya ada dimensi dan indikator. misalnya saja struktur kelompok dan suasana kelompok. di dalam struktur kelompok ini, ada indikatornya struktur kekuasaan, hubungan antar anggota dan distribusi pekerjaan. yang saya ingin tanyakan, jika saya ingin mendapatkan skor untuk struktur kelompok dan dinamika kelompok secara keseluruhan, bagaimana caranya. yang saya maksud tentang cara penjumlahan skor, atau indeks dan proporsinya. terima kasih sebelumnya.

  51. Assl pak Junaedi, Salam Kenal
    Langsung aja,
    Sya melakukan perhitungan Path dengan SPSS, hasil Perhitungan manual (0.771697773) persamaan 2 tidak sama dengan hasil R Square (0.835) di SPSS.
    Berikut adalah pengaruh total keempat variabel terhadap Y2.
    Pengaruh total : Pyxi +  Pyxi. rxixj Pyxj
    Pengaruh total X1= 0.361+ 0.11661 = 0.47761
    …Pengaruh total X2= 0.250 + 0.059319 = 0.309319
    Pengaruh total X3= -0.424 + 0.246909 = -0.177091
    Pengaruh total X4 =0.300 + 0.099372 = 0.399372
    Pengaruh total Y1 = 0.507
    Maka Pengaruh total X1,
    X2, X3, X4, Y1 (dipangkat 2 kan) = (0.477612) + (0.3093192) + (-0.1770912) + (0.3993722) +
    (0.5072) = 0.2281113121 + 0.095678243761 + 0.031361222281+ 0.159497994384 + 0.257049 = 0.771697773.
    Hasil R Square SPSS adalah 0.835

  52. Assalammu’alaikum… pak Junaidi, mohon izin untuk mengutip tulisan bapak tentang forecasting untuk thesis teman di kantor, kebetulan dia sedang sibuk… terima kasih banyak pak, wassalam.

  53. salam kenal
    langsung saja, saya minta mau tolong
    bgmn cara membuat data / program seperti file berikut: http://www.mdn.fm/files/158361_rtumc/21602.xls (bisa di download)
    krn saya bkrj di bagian administrasi, saya kira dr file tersebut bs saya aplikaikan di tmpt kerja saya
    bs krm jawabanx k email saya
    tolong di bantu
    terimakasih

  54. ass…salam kenal
    sy david, mahasiswa S2 ITS surabaya . T.Sipil….
    trims banget pak….blognya bagus sekali, membantu dalam pembuatan tesis saya sekarang….
    kl mau tanya lebih dalam tentang pengolahan statistik gmn pak ? kl boleh minta alamat (YM/FB) ?…trims sebelumnya..wss

  55. ass…
    salam kenal pak,….
    sy baca sebagaian dr tutorial penggunaan spss..
    dan sangat memudahakan saya untuk memahami
    thanks pak….salam

  56. Aww, salam kenal pak. saya mahasiswa ekstensi fakultas pertanian unja, dengan adanya blog bapak saya terbantu untuk lebih memahami metode pengolahan data dan semangat untuk menggarap skripsi, semoga tulisan bapak menjadi salah satu amal baik….amien, boleh tanya2 kalau kurang jelas kan pak?

    Silakan. Semoga skripsinya cepat selesai.

  57. sya bersyukur bisa lhat blog ini……
    karena skrng saya jg sdng membuat skripsi……
    pak law da yg sy krng mengerti, sy bisa kan bertanya ke bapak?????
    makasih sblumnya……..

    Boleh saja, silakan.

  58. sala kenal pak.. terima kasih untuk informasiny… sukses slalu…

    Ya, sama-sama. Terimakasih

  59. Asskum

    dan langsung mau tanya:
    JIka ada judul perbedaan pemahaman siswa dan kerja ilmiah yang diajar dengan metode eksperimen dan demonstrasi uji hipotesisnya paka apa ya pak, Anova atau uji t biasa

    terima kasih
    Wassalam

  60. Salam KENAL dan Saling MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI…
    Wah…WEBSITENYA INFORMATIF.Oya, bisa tukeran BANNER/ LINK ga yah…???

    http://DUTACIPTA.WORDPRESS.COM
    🙄

  61. pa junaedi, saya tlh mendwlod data ttg msi. trmakasih saya ucapkan.

  62. Assalamualaikum wr wb
    Pak Junaidi, perkenalkans saya Bambang, mahasiswa fakultas ekonomi Unja jurusan manejemen.
    kebetulan saya pengengola situs Bapel KKN Unja dan hari adalah hari pertama situs tersebut online.
    silahkan berkunjung dan melihat-lihat pak.
    terima kash
    wassalam

  63. assalamualaikum wr. wb

    Pak junaidi, disamping dapat dikerjakan dengan program spss, apakah untuk menghitung regresi linier sederhana dapat dengan program exce. Kalau bisa bagaimana carannya. sebelumnya terima kasih
    wassalamualaikum wr. wb

    Bisa, lihat tulisan saya di blog ini

  64. setelah membaca artikel tips dan trik dari web bapa, saya masih bingung cara mendeskripsikan kurva normalitas hasil pengolahan regresi pada excel.
    kurva yang saya menaik dari kiri bawah ke kanan atas….berbentuk stengah lonceng.
    tolong bantuan untuk mendeskripsikannya….
    apakah data yang saya punya sudah normal apa belum….
    terima kasih…

  65. Ass.SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI..

    http://DUTACIPTA.WORDPRESS.COM

  66. salam..bpk..
    sy mau tny..gmn cr ny kita select cases?
    krn sy ad 3 variable..ttp hny mmerlukan 2 variable shj utk dianalisa di chi square..
    perlukah sy membuat variable baru tnpa memasukkan data utk variable y ke3..tp bknkah nnt akn terjadi missing??
    harap bpk dpt mnjwbnya dgn segera….makasih~

    Select case ditujukan untuk memilih kasus atau data dari satu variabel. Maaf, saya kurang paham maksud pertanyaannya

  67. kalau denga data mentah insya allah saya bisa, sekarang dicoba dengan data cov artinya saya mau tahu bagaimana menghitung matrik cov nya . matur suhun bapak saya tunggu balaennya

  68. Pak saya belum punya web tapi saya mau tanya tentang LISREL khususnya bagaiman cara membuat Cov matriks dari data SPSS apabila dari data yang sdh psf tersebut diubah ke Cov kemudia pada saat mau ke syntak dari mana diambilnya covariance matriksnya mohon dibalas ya pak tks

  69. Semoga tulisan bapak ini menjadi amal baik buat bapak karena sangat bermanfaat bagi orang lain terutama bagi saya…

    Terima kasih….

    Terima kasih juga atas do’anya

  70. assalamualaikum wr wb..

    salam kenal pak..

    saya ingin bertanya dimana saya bisa mendapatkan software REMI EDFS?
    saya tertarik untuk menggunakan software ini untuk penulisan skripsi saya. .
    masalahnya, software yang saya dapatkan dari remi.com selalu terkena virus dan tidak bisa di-run. .
    terimakasih sebelumnya. .

    wassalamualakum wr wb. .

    Sayangnya, software REMI-EDFS tidak gratisan. Harus beli di remi.com

  71. Salam sejahtera,
    Kami dari redaksi Jurnal Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri berencana ingin menggunakan salah satu dari artikel-artikel Bapak, judulnya “Peranan Sumberdaya Ekonomi dalam Pembangunan Ekonomi Daerah” untuk dimuat pada media kami.
    Kami ingin menghubungi Bapak, tapi tidak ada informasi yang bisa kami hubungi.
    Kami berharap Bapak berkenan dengan rencana kami ini dan bisa menginformasikan nomor telp yang bisa kami hubungi.
    Tarimo Kasih Pak Junaidi.

    -Sigit SW-

  72. ass.
    maaf link bapak saya pasang di blog aku, bisa di cek aku tunggu, di comment ya pak, sebelumnya terima kasih. sekalian undangan buat bapak untuk mengunjungi blog saya..!!!!!

    Blognya sudah saya kunjungi, tapi tidak ketemu linknya. Blognya bagus dan isinya beraneka ragam.

  73. assalamualaikum wr wb
    pak junaidi, sya mau tanyatentang metode penambahan jumlah penduduk itu dapat dari mana?
    kalau bisa refferensinya skalian
    terimakasih
    wassalm

  74. Assalamualaikum WW.

    Pak Junaidi yth, Salam Kenal
    Mohon Bantuannya pak,

    Sy mau tanya,bagaimana menentukan jumlah sample apabila yang diketahui adalah :
    jumlah anak TK di suatu kecamatan menderita gigi berlubang = 200 anak (misal)
    jumlah TK yang ada di kecamatan tersebut = 10 TK (misal)
    jumlah anak TK usia 3 tahun gigi berlubang = 30 anak
    jumlah anak TK usia 4 tahun gigi berlubang = 40 anak
    jumlah anak TK usia 5 tahun gigi berlubang = 50 anak

    Bagaimana menentukan berapa jumlah sampel anak yang harus saya ambil di setiap TK? (dan metode pengambilan sample apa yang dipake?)

    Mohon bantuannya pak,saya bingung,sudah baca buku dan jurnal metodologi penelitian tapi rumusnya rumit,saya bingung

    Trima kasih..Wassalam..

  75. salam kenal ya……kunjungi blog qu ya…..tq

  76. assalamu’alaikum… slm knl pak..
    blog nya bagus…

  77. Assalamualaikum ww.

    Pak Junaidi yth, salam kenal
    mohon dibantu pak,
    saat ini saya sedang menyusun tesis dengan salah satu alat analisis menggunakan model Tobit type 2 (sample selection model).
    Kalau saya menggunakan eviews saya harus 2x me-run data (Probit dan kmdian Tobit).
    Jika menggunakan TSP saya bs 1x run data (SAMPSEL), akan tetapi saya masih sangat asing dengan program TSP.
    Mohon dibantu langkah2 analisis dng SAMPSEL program TSP.

    Sangat dtunggu balasannya pak (email jg tdk apa2)

    Nuwun
    Wassalam ww

  78. salam kenal ya pak…blognya banyak sekali pengunjung…apakah blog ini berisi diktat kuliah?
    jangan lupa juga mampir di blog aku…banyak essay dan tulisan menarik yg mencerahkan…

    Ya, terimakasih sudah mampir. Diktat kuliah ? Sayangnya tidak ada di blog ini.

  79. Assalamu’alaykum wr wb..

    pak,saya senang sekali buka blog ini. makasih bnged ya pa info2nya di blog ini. Sangat bermanfaat ^_^.

    Smoga tak lelah utk slalu membagi ilmunya…

    Terimakasih atas kunjungannya. Doakan saja semoga saya tidak kehilangan semangat mengupdate blog ini.

  80. saya salah satu mahasiswa unja.
    saya sangat berterimakasih kepada anda pemilik blog ini.
    materi/artikel betul2 sangat membantu, terutama untuk REGRESI DI EXCEL.
    ada tugas mata kuliah statistik II

    teruslah berkarya.

    terimakasih

  81. Wah, blog mas selalu ramai dikunjungi, setiap bulan ada ratusan yang mampir…salam kenal ya…

    Salam kenal kembali Mas

  82. asslkm pakk…
    pak kaya temen saya, bapk lagi ada di jambi y pak???
    lw iya, saya bisa konsul langsung ndak pak??
    dalam penelitian saya, saya disarankan memakai MRA, tp saya ndak tw gimana cara mengolahnya dengan SPSS??
    bapak bs memberikan solusi ndak, ida sdh cr bukunya, tp ndk da yang tepat dengan penelitian saya……….
    terimakasih y pakkk….mf merepotkan..:-)

    Aduh, sayangnya sekarang saya sudah tidak di Jambi.

  83. tx a lot y……

  84. Assalamu ‘alaykum wr .
    senang sekali membaca blog anda, sangat bermanfaat.
    say dwee, salam kenal
    saya sedang mengolah data dengan lisrel tapi syangnya tidak keluar diagram jalurnya hanya berkas saja.
    kira- kira apa ya masalahnya.

    setiap langkah yang dilakukan dengan data teman saya sudah di coba dan diagramnya keluar. namun tidak dengan data saya.

    selain itu apa mungkin saya bermasalah dengan pengistalan lisrelnya.
    mohon masukannya

    terimakasih

    wassalam wr. wb

    Biasanya bukan masalah dengan penginstalan lisrel. Jika diagramnya tidak keluar, masalahnya ada pada model yang dibangun atau pada data yang tidak mendukung pembentukan model. Biasanya ada peringkat (Warning) pada output berkas tersebut, coba dicek lagi bunyi warningnya

    dwee

  85. Assalamualiakum Wr.Wb.
    Salam kenal pak…saya mampir ke blog bapak dan langsung menuju “Renungan”….bagus banget…banyak pelajaran yang bisa saya ambil…terima kasih banyak pak…kalau ada waktu mampir ke blog saya http://www.legitmanis.blogspot.com

    di tunggu ya pak.

    Saya sudah main ke blognya. Bagus dan produknya menarik. Sayang, saya tidak tahu cara meninggalkan komentar disana. Salam

  86. assalamu’alaikum pak……..
    ne ida, ida lum berhasil ketemu ma ibu ade……..
    pak ida mw tanya neh.skala gutman dalam kusioner itu sama dengan menghasilkan data var.dummy y???
    coz kan sama2 dgn kode 0 dan 1?
    pak dari judul saya “analisis ketrlibatan controller dalam pengambilan kebijakan perusahaan terhadap laba usaha” t emang ada 3 var. y pak???
    1.va.dependen laba usaha 2.va.independen keterlibatan controller3. va.moderasinya kebijakan perusahaan…..bener dak pak?????????
    pak jadi seandainya ida pakek analisis regresi moderasian variabel dummy bisa dk pak?????????
    pak tolong bantu ida gimana caranya pak???????
    pak lw bisa pak kirimkan artikel/jurnal /tulisan yang mencontohkan/yang mirip m skripsi ida pak…..
    pak makasih banyak yyyyyyyyyyy………..udah pusing nehhhh……
    makasih pak…
    wassalam……

    Maaf Ida, saya belum bisa menangkap arah penelitiannya. jadi belum bisa beri komentar. Saya butuh proposal Ida untuk bisa memahami dan memberikan sarannya

  87. Pak, terima kasih atas tulisan SEM di blog ini, kebetulan saya sedang menulis usulan penelitian tentang relationship marketing untuk tesis saya. Sangat membantu pemahaman saya tentang SEM. Wasalam.

    Ya. Sama-sama

  88. oh y pak………..ida lupa…ntar ida cari tau m ibu ade nya, tapi pak law boleh bapak rekomendasikan dulu lw ada mahasiswa yang mw nanya m beliau…tapi law bisa aj pak………
    makasih pak……
    wassalam………

    Coba saja dulu ketemu dengan ibu ade itu. Mudah-mudahan bu ade bisa bantu. Asal tekun, Insya Allah bisa kok

  89. Assalamu’alaikum………
    makasih banyak y pak………ntar ida cari tau tentang SEM itu…ntar ida boleh tanya2 lagi y pak, tadi ida k kampus..nanyain bapak m pak andi n mahasiswa bapak, katanya bapak lagi kuliah lagi yy??… semangat y pak,doain ida y pak….masalahnya ida agak lemah m statistik,gk pinter2 amat maksudnya…he..

  90. oh y pak,saya benar2belum ngertimasalah variabel dummy yang di regresi…skripsi saya itu judulnya analisis kterlibatan kontroller dalam pengambilan kebijakan terhadap laba usaha..ada 3 variabl:dependen,independen dan variabel moderasi..independen dan moderasinya saya pakek skala gutman,n dependenny laba usaha..jadi uji analisis nya ida pakek apa pak??? pak tolong ajarin y…udah lumayan pusing neh pak…makasih banyaky pak……….semoga cepat dibalazzz..aminnnn…..

    Ida, kalau ada variabel moderasi dalam regresi, sebaiknya ida pakai model SEM (structural equation modelling). Coba ida tanya dengan ibu Ade Titi Novita, dosen jurusan manajemen di FE-UNJA. Kebetulan beliau baru selesai penelitian dengan menggunakan model tersebut. Saya sebenarnya ngajar di IESP FE-UNJA. Sayangnya sekarang lagi tidak di Jambi. Ida juga boleh lihat-lihat tulisan saya di blog ini mengenai LISREL. Mudah-mudahan bisa membantu

  91. assalamu’alaikum pak…….
    saya ida mahasiswa akuntansi fe unja, banyakyang mau saya tanyakan soalregresi variabel dummy berhubungan dengan skripsi saya, bisakah saya bertanya langsung dengan bapak pak? bapak mengajar dimana?

  92. ass. pak

    mohon info kalau mau beli software yang asli, lisrel full version di indonesia dimana ya….atas bantuannya di ucapkan terima kasih

    tks
    wiluyo karyanto

    Maaf, saya juga tidak tahu distributornya di Indonesia. Setahu saya, ordernya langsung ke webnya di alamat ini: http://www.ssicentral.com/

  93. Numpang mampir Pak di blog Anda yang menawan.
    Salam,
    Harry

  94. Salam kenal…. Salam ukhuwah

  95. lam kenal boz…tks buat reviewnya..harga terlalu bagus yah? hehehe

  96. Salam,

    Blog nya bagus , banyak isinya yang bermanfaat.
    saya sedang belajar memperbagus blog saya.Tolong minta
    sarannya.ini alamat blog nya :
    http://polbudsos-ibra.blog.friendster.com
    Terimakasih

  97. Mantapz, thanks atas reviewnya…

  98. assalu’alaikum pak… bersyukur sekali saya menemukan blog bpk. apakah saya boleh minta email bpk? mohon bisa dikirim ke email saya. terima kasih sebelumnya…

  99. LIAT LIAT DOANK 1111

  100. salam..pak, saya mahasiswa fakultas psikologi UI. mau berkonsultasi dengan baik, terkait tugas akhir skripsi saya. Berhubung mendesak, saya bersedia menemui atau komunikasi langsung dengan bapak.
    nomor hp saya 08568648641.
    ditunggu responnya pak.
    terima kasih.
    regards,

    ivan ahda

  101. Ass…

    Salam kenal ya pak… blog bapak sangat bagus, tukaran link ya pak kalau berkenan.

    Wass..

  102. Asslkm. Saya sedang mengembangkan blog statistik, kebetulan saya punya sedikit pengetahuan tentang itu. Blog anda bagus sekali, mari kita sama-sama memajukan bangsa dengan menyediakan bahan dan referensi gratis untuk semua orang. Jika anda berkenan bisa bertukar link dengan saya…

    Jawab: Terimakasih sudah berkunjung. Saya sudah link blog anda.

  103. Assw. pak
    salam hangat pak, saya dulu kuliah di FE UGM, Bog nya bagus dan bermanfaat

    Salam,

    Jawab: Salam hangat kembali. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. (Junaidi)

  104. Assalamualaikum pak, saya Azim mahasiswa tingkat akhir itb, sedang mengerjakan skripsi. pada tugas akhir saya ada masalah minimisasi biaya transportasi, saya sudah belajar dari blog bapak “minimisasi biaya transportasi dengan solver”, tapi konstrain saya cukup banyak, sekitar 12 dan ada tambahan yang lain pada fungsi kendala permintaan dan penawaran. diakhir solvernya ada tulisan solver did not find solution. saya udah coba dengan software Qm For Windows tapi hasilnya belum memuaskan. Jika bapak berkenan saya ingin berkonsultasi langsung dengan bapak. terima kasih sebelumnya pak

  105. Salam kenal. Blog Anda informatif & enak untuk dibaca.

    Jawab: Salam kenal kembali. Terima kasih sudah mampir. (Junaidi)

  106. Isi blognya bagus nih, bisa untuk nambah-nambah ilmu pengetahuan

  107. salam kenal pak, saya lagi ngumpulin artikel tentang manajemen dan ekonomi, rencananya lagi mau ngembangin blog untuk jurusan manajemen, nih alamatnya klo berkenan mampir ya pak, http://www.manajemenunja.wordpress.com...

    Terima kasih atas kunjungannya. Mari kembangkan Fakultas Ekonomi UNJA secara bahu membahu, dari segala bidang dan jurusan dan dari seluruh sivitas akademika. Blognya sudah cukup informatif. Tetap dijaga keberlanjutannya

  108. assalamu’alaikum pak
    saya mahasiswa jurusan matematika universitas negeri padang. saya mau bertanya tentang analisis regresi dengan variabel dummy. saya bingung datanya seperti apa. trimakasih sebelumnya saya ucapkan

    Wa alaikum salam Wr.Wb.
    Kebetulan saya punya tulisan mengenai variabel dummy ini. Silakan klik disini (Junaidi)

  109. Assalamu`alaikum, Wr.Wb
    Apa kabar Pak ? Sigit dan Nurida Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah di bulan Ramadhan. Pak kapan main ke Bandung ? Kami-kami butuh support. Pak, blog nya bagus banget. Bisa bantu ndak pak, untuk mata Kuliah statistik dan matematika kok susah yaaa?.

    Jawab:
    Wa alaikum salam Wr.Wb.
    Alhamdulillah saya baik-baik saja. Nantilah kalau ada waktu main ke Bandung. Cuma sekarang juga lagi repot di Bogor. Salam, selamat berjuang ya. (Junaidi)

  110. pakjun,bgmn carabuatbukutamu?Tq

    Sebenarnya ada situs yang menyediakan fasilitas untuk buku tamu yang bisa disisipkan di blog kita. Sayangnya wordpress.com tidak bisa memanfaatkan itu. Nah untuk mengakalinya, buat halaman/page (ingat bukan tulisan/post ya) di wordpress. Beri judul Buku Tamu. Kemudian tulis sekedarnya sebagai kalimat pengantar. Nah buku tamu kita sudah siap (Junaidi)

  111. salaam,
    pak Junaidi, salut pada kesediaan bapak meluangkan waktu untuk berbagi melalui blog ini, dan terima kasih kr membagi pemikiran dan lainnya di sini. semoga dapat terus diupdate ya pak
    wass.

    Trims atas kunjungannya. Doakan saja saya selalu punya kesempatan untuk mengupdate blog ini (Junaidi)

  112. salam kenal, numpang baca sebentar ya pak. blog yang bagus.

    Jawab:
    Salam kenal kembali. Terima kasih telah bersedia mampir. Terima kasih juga atas pujiannya. Semoga ini menjadi dorongan bagi saya untuk terus menulis

    • Alahmdulillah……… tulisan bapak menambah wawasan saya tentang SEM.
      Insya Allah bermanfaat, dan semoga bapak sekeluarga dimudahkan Allah dalam mempelajari ilmu-NYA dan dimudahkan semua urusan, dijauhkan dari jalan yang salah.

      salam kenal :
      HERI WIJAYANTO
      mahasiswa S3 UNS- ilmu ekonomi

      Terimakasih Pak Heri, atas doanya. Semoga sukses juga dalam studinya

  113. Tuka link yo pak, blog bapak alah ambo masuakan diblok ambo.

  114. Jaan di panggia mas ambo urang awak, kampuang ambo di batu sangka. Kalau kampuangnyo dimaa? Batua Pak ambo krj di Batam, Bapak Dosen di UNJA yo Pak?

  115. Salam kenal ya, Pak.
    Mampir balik ya ke blog saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: