Cara Menjalankan Program Ordi


Ordi merupakan program dalam bentuk add-in Excel dan dirancang untuk tujuan mentransformasi data dari skala ordinal ke skala interval. Ordi Versi 1.0 ini dirancang beroperasi pada lingkungan Microsoft Office Excel  2003 dan 2007.

Sebelum membaca bagian ini, silakan baca terlebih dahulu dua tulisan sebelumnya mengenai Ordi yaitu:

Pengenalan Program Ordi: Transformasi Data Ordinal ke Interval

Cara Menginstal Program Ordi

Berikut tahapan cara menjalankan atau mengoperasikan program Ordi

1. Pada Excel 2007, buka Excel, klik  menu Add-ins, kemudian klik Ordi pada menu Ribbon. Pada Excel 2003, buka Excel, klik Tools kemudian klik Ordi pada menu drop-down. Akan muncul tampilan sebagai berikut:

Halaman utama dari program Ordi terdiri dari “kotak isian input data” yang akan menampilkan range input data, tombol “Range Input Data” yang digunakan untuk masuk ke menu pengisian range data, tombol “Proses” untuk memproses perhitungan setelah Anda menginput data, tombol “Keluar” untuk keluar dari program (catatan: untuk setiap satu kali pemrosesan data, program Ordi juga akan secara otomatis keluar dan harus memanggil kembali program ini untuk melakukan proses perhitungan dengan data yang lain), dan tombol Bantuan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai program Ordi.

2. Klik tombol “Range Input Data”. Akan muncul tampilan halaman input berikut

3. Blok range input data Anda yang ada di worksheet Excel.  Sebagai contoh, kita inputkan data berikut dibawah ini

Ketika Anda memblok data tersebut, alamat rangenya akan langsung muncul dalam halaman input sebagai berikut:

4. Klik OK, maka akan kembali ke halaman utama. Alamat range tersebut (A1:B10) juga akan terlihat pada isian input data seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya klik tombol Proses

4. Hasil transformasi akan muncul pada sheet baru di Excel Anda, seperti gambar dibawah ini

Bersambung ke tulisan: Persyaratan Input Data Program ORDI

4 Tanggapan

  1. makasih pak atas info nya, tp kok saya cocokin hasil dr program ORDI sama manual nya kok hasilnya beda ya pak?

  2. Pa Junaedi, saya sudah terima buku ekonomika deret waktu dan Teori Ekonomi Kependudukan pesanan saya, namun saya belum terima soft copy program ordi. Cornelles Yom

    Yth. Sdr. Cornelles Yom. Program ORDI sudah saya emailkan pada tanggal 7 April 2013. Barusan juga sudah saya emailkan ulang. Mohon cek spam emailnya. Kalau belum juga ada, mohon informasikan alamat email yang lain.
    Terima kasih.

  3. bantui dong cara menjalakan pogram

    • makasih pak penjelasan program ordinya mungkin ini bisa membantu saya dalam pengolahan data, insya allah akan membalas kebaikan bapak di dunia dan di akhirat karena ilmu yang bapak berikan melalui penjelasan di atas, saya jadi mengerti n selama itu jadi ilmu saya insya allah pahala mengalir kepada bapak.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.