About these ads

Cara Membaca Tabel F


Tulisan kali ini akan membahas mengenai cara membaca tabel F. Sederhana memang. Tetapi hal-hal yang sederhana seringkali juga  membutuhkan pemahaman tersendiri, karena ternyata dari beberapa pertanyaan yang masuk ke blog ini menunjukkan adanya kebingungan dalam membaca tabel  F.

Salah satu bentuk struktur tabel F yang tersedia pada buku-buku statistik/ekonometrik  adalah sebagai berikut: (tabel F lengkap dalam bentuk format ini dapat didownload disini)

Judul tabel biasanya memuat keterangan mengenai nilai probabilita dari tabel F yang disajikan. Dalam contoh diatas, probabilitanya adalah 0,05.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan probabilita pada tabel F tersebut ?

Dalam pengujian hipotesis, kita terlebih dahulu menetapkan tingkat/taraf signifikansi pengujian kita (biasanya disimbolkan dengan α (alpha)). Misalnya 1 %, 5 %, 10 % dan seterusnya. Nah, taraf/tingkat signifikansi tersebut yang merupakan probabilita dalam tabel ini.

Judul  masing-masing kolom mulai dari kolom kedua (angka yang dicetak tebal) dari tabel tersebut adalah derajat bebas/degree of freedom (df) untuk pembilang, atau dikenal dengan df1. Juga sering disimbolkan dalam tabel F dengan simbol N1 seperti tabel diatas.

Selanjutnya, judul masing-masing baris adalah derajat bebas/degree of freedom (df) untuk penyebut, atau dikenal dengan df2. Juga sering disimbolkan dalam tabel F dengan simbol N2 seperti tabel diatas.

Bagaimana menentukan  df1 (N1) dan df2 (N2) tersebut ?

Rumusnya:

df1 = k -1

df2 = n – k

dimana k adalah jumlah variabel (bebas + terikat) dan n adalah jumlah observasi/sampel pembentuk regresi.

Misalnya kita punya persamaan regresi dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah sampel pembentuk regresi tersebut sebanyak 10. Maka  df1= k-1 = 3 – 1 = 2 sedangkan df2 = n – k = 10 – 3 = 7

Jika pengujian dilakukan pada α = 5%, maka nilai F tabelnya adalah 4,74. Lihat pada N1=2 dan N2= 7 pada tabel diatas.

Sebagai catatan, juga terdapat format tampilan tabel F seperti gambar dibawah ini. Pada prinsipnya sama, yang membedakan adalah, probabilitanya di letakkan dalam satu kolom setelah N2.  Dengan demikian jika kita ingin mencari nilai F tabel misalnya  dengan df1=2, df2 = 2 dan α = 5%, maka lihat pada N1= 2, N2 =2 pada baris 0.05

Ok. Cukup sekian dulu.

About these ads

23 Tanggapan

  1. makasih banyak pak, tulisan anda sangat membantu saya.

  2. terima kasih untuk ilmu da file tabel f dan t-nya bung, sangat membantu sekali. :))

  3. makasih pak..bermanfaat :)

  4. terimakasih pak, pencerahan bagi saya. semoga ilmu bapak berkah dan rejeki bapak dimudahkan Allah SWT

  5. terimakasih banyak pak, ilmunya pencerahan bagi saya. semoga ilmu bapak berkah dan rejeki bapak lancar selalu

  6. terima kasih pak sangat bermanfaat sekali untuk skripsi saya..

  7. kalo n=385 orang gmn ??

    Coba lihat tulisan ini.

  8. makasih yaaa…..

  9. Makasih yaaa. …..

  10. wah terimakasih pak! infonya membantu saya yg besok mau uas nih hehe. semoga ilmunya jadi amal baik yg mendapat pahala Allah :)

  11. makasih yaa, akhirnya problem skripsi terpecahkan :)

  12. terima kasih……………sangat membantu saya………

  13. terimakasih ya…..

  14. untuk taraf kesalahan 5% dan 1% untuk tabel distribusi Fada tabelnya gak?

  15. mksh pak.,.ats pnjlsanya.,.,sya sgt trbntu krn ad tgas analisis data yg ngtung gni2.,.

  16. terima kasih atas ilmunya pak …

  17. trims atas infonya semoga mendapatkan balasan yang lebih dan terhitung ibadah

  18. Ada aplikasi khusus ga untuk uji f, kalo ada tolong alamat link nya dimuat !, terima kasih

  19. makasiih banyak

  20. saya mau tanya kalu df1saya =3 dan df2 saya 147.bacanya tu gmn..?soalnya tabel f kan gk sampe segitu…

  21. pak makasih banyak untuk pencerahannya. mudah-mudahan amal baik bapak mendapat pahala oleh Allah SWT

  22. Pak bisa tolong kirimin tabel t & f dengan sisgnifikan 10% ke E-mail saya, thx.

  23. mau nanya….kalo alvanya (α) dapa gmna caranya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 289 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: